Piala Dunia 2022

Kenali Sosok Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Dari Benua Asia di Piala Dunia 2022

TOPIK BERITA :


Yoshimi Yamashita
Yoshimi Yamashita

NOBARTV NEWS – Seperti yang sudah di ketahui bersama, FIFA telah memutuskan bahwa gelaran Piala Dunia Qatar 2022 akan di isi dengan sedikitnya 3 wasit wanita pertama, salah satu wasit wanita dalam ajang sepak bola dunia ini adalah Yoshimi Yamashita.

Bersama dua rekannya, Yoshimi Yamashita terpilih sebagai salah satu wasit wanita pertama dalam gelaran yang akan berlangsung di Qatar November mendatang.

Dengan terpilihnya tiga sosok wanita tersebut jelas menjadi sejarah bagi dunia perwasitan, dimana mereka bertiga hadir sebagai wasit wanita pertama dalam ajang sekelas Piala Dunia.

Profil Yoshimi Yamashita

Yoshimi Yamashita terpilih menjadi salah satu wasit wanita pertama pada Piala Dunia Qatar 2022, tercatat Yoshimi Yamashita merupakan seorang wasit sepak bola internasional dari Jepang.

Sebelum jadi wasit wanita pertama dalam ajang sepak bola Piala Dunia Qatar 2022, Yoshimi Yamashita juga merupakan salah satu pejabat di Piala Dunia Wanita FIFA 2019 di Prancis.

Berikut profil Yoshimi Yamashita, wasit wanita pertama dalam sepak bola Piala Dunia Qatar 2022.

Nama : Yoshimi Yamashita

Tanggal lahir : 20 Februari 1986

Tempat lahir : Tokyo, Jepang

Kebangsaan : Jepang

Karir Yoshimi Yamashita

Tak hanya di Piala Dunia Qatar 2022, Yoshimi Yamashita juga telah memimpin beberapa pertandingan sebagai wasit, seperti dikutip Teras Gorontalo dari situs Worldfootbal.

Berikut pertandingan-pertandingan yang pernah di pimpin oleh Yoshimi Yamashita :

  • 2016 : FIFA Woman Friendlies sebanyak 1 kali pertandingan, saat itu Yoshimi Yamashita mengeluarkan 1 kartu kuning.
  • 2017 : FIFA Woman Friendlies sebanyak 3 kali pertandingan, Yoshimi Yamashita mengeluarkan 4 kartu kuning dalam pertandingan tersebut.
  • 2019 : FIFA Woman World Cup di Prancis, Yoshimi Yamashita tampil 2 kali pertandingan dengan lima kartu kuning.
  • 2020 : FIFA Women Olympic QF Asia, Yoshimi Yamashita tampil dalam 1 kali pertandingan dengan satu kartu kuning.
  • 2021 : FIFA Women Olympic Games di Tokyo, Yoshimi Yamashita tampil dalam 2 kali pertandingan dengan 2 kartu kuning dan 1 kartu merah.
  • 2021 : Emperor's Cup di Jepang, Yoshimi Yamashita tampil dalam satu kali pertandingan dan dalam pertandingan waktu itu, wasit wanita ini tidak mengeluarkan kartu sama sekali.
  • 2022 : AFC Champions League, Yoshimi Yamashita tampil dalam satu kali pertandingan dengan satu kartu kuning.
  • 2022 : FIFA U21 Friendlies, Yoshimi Yamashita tampil dalam dua kali pertandingan dengan empat kartu kuning.

Saat ini Yoshimi Yamashita terpilih sebagai salah satu wasit wanita pertama dalam ajang sepak bola Piala Dunia Qatar 2022, ia menjadi sejarah pertama keterlibatan wasit wanita dalam ajang Piala Dunia. Kita tunggu saja aksi pengadil lapangan ini di putaran Final Piala Dunia 2022 mendatang.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola