Timnas Indonesia

STY Isyaratkan Tak Latih Skuad Garuda Usai Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kabar kurang menggembirakan datang dari sepakbola dalam negeri. Pelatih Shin Tae-yong mengisyaratkan dirinya akan mengakhiri petualangannya bersama skuad Garuda usai Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Shin datang ke Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu. Saat itu, ia ditunjuk oleh Mochamad Iriawan untuk fokus menukangi skuad Garuda muda di 2023. Sebab di even tersebut, Marselino Ferdinan dkk bakal bertindak sebagai tuan rumah – sehingga secara otomatis mereka sudah menginjakkan kakinya di putaran final.

Namun sayangnya, dengan alasan yang tidak disebutkan secara gamblang dan jelas, FIFA memutuskan untuk mencabut hak tuan rumah (Piala Dunia U-20) tersebut dari Indonesia. Alhasil, skuad Garuda muda yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari itu tak memiliki arti apa-apa lagi. Bahkan, mereka langsung dibubarkan begitu hak sebagai tuan rumah tersebut dicabut oleh FIFA.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Pasca dicabutnya status tersebut, Shin Tae-yong yang awalnya melatih mereka juga diberhentikan oleh PSSI. PSSI melalui Erick Thohir menyebut posisi pelatih Timnas Indonesia U-20 akan digantikan oleh orang lain. Bahkan, pekerjaan Shin sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 juga diberhentikan. Kini, Erick resmi menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih untuk tim kelompok umur tersebut.

Alhasil, Shin hanya menukangi Timnas Indonesia senior saja. Bersama tim senior pun, STY memiliki sederet agenda penting. Seperti FIFA Matchday 2023, 2026, hingga Piala Asia 2023 yang akan dimainkan tahun depan.

Meski sederet tugas berat tersebut belum diselesaikan oleh Shin Tae-yong, namun sang pelatih sudah mengisyaratkan dirinya akan hengkang dari skuad Garuda. Hal itu terungkap lewat wawancara sang pelatih dengan media asal Korea Selatan Naver TV. Kepada media tersebut, STY mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dalam pertemuan tersebut, ia dan Erick membahas banyak hal. Dari masalah pekerjaan hingga kontraknya yang akan berakhir pada akhir tahun ini.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Saya berkomunikasi dengan Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) dengan baik, saya harus menyelesaikan tugas yang harus saya lakukan,” kata Shin Tae-yong.

“Tidak (saat ditanya lagi apakah akan memimpin timnas Indonesia setelah Piala Asia 2024). Saya akan bekerja hingga Piala Asia 2024,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

“Erick Thohir adalah orang yang memiliki banyak ketertarikan dengan sepak bola, dia juga banyak bicara denganku. Meskipun kami tidak bisa mengadakan Piala Dunia U-20,” ujarnya memungkasi.

Piala Asia 2023 sendiri akan digelar pada 10 Januari hingga 13 Pebruari 2024 di Qatar. Jika Shin gagal meraih kesuksesan di even tersebut, maka besar kemungkinannya even tersebut menjadi akhir kebersamaannya dengan Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments