Timnas Indonesia

Terombang-ambing di Tokyo Verdy, Nagita Slavina Ajak Pratama Arhan Lanjutkan Karier di Rans Nusantara FC



NOBARTV NEWS – Nasib Pratama Arhan bersama klub J2 League Tokyo Verdy memang sangat tak menentu. Di tengah ketidakpastian nasib punggawa itu, istri dari bos Rans Nusantara FC Nagita Slavina menawarkan Arhan untuk bermain di klub yang dimiliki oleh suaminya tersebut.

Nasib pemain berlabel Timnas Indonesia di luar negeri memang tak sepenuhnya mudah. Walaupun mereka sering mendapatkan panggilan untuk memperkuat skuad Garuda, namun hal itu tak menjamin bagi mereka untuk jadi pilihan utama di klub yang dibelanya.

Hanya segelintir pemain Timnas Indonesia yang di mana mereka selain menjadi andalan di tim nasional, juga menjadi pilihan utama di klubnya. Seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, hingga Asnawi Mangkualam misalnya. Pemain-pemain yang disebutkan tersebut selain rutin dipanggil untuk memperkuat skuad Garuda, juga cukup rutin memperkuat klubnya.

Namun berbeda halnya dengan Rafael Struick, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, hingga Elkan Baggott. Sama-sama sering mendapat panggilan tampil bersama negaranya, namun hal itu tak membuat mereka menjadi pilihan utama di klubnya. Rafael Struick lebih sering menjadi pemain cadangan di ADO Den Haag dalam ajang Eerste Divisie. Sementara Marselino, cedera yang dialaminya membuat eks pemain Persebaya Surabaya itu belum pernah mendapatkan kesempatan untuk diturunkan pada musim ini oleh pelatih KMSK Deinze.

Terombang-ambing di Tokyo Verdy, Nagita Slavina Ajak Pratama Arhan Lanjutkan Karier di Rans Nusantara FC
Salah satu pemain abroad Timnas Indonesia Pratama Arhan

Adapun Baggott, walaupun namanya tidak pernah masuk ke dalam daftar starting line up maupun pemain cadangan bersama Ipswich Town di EFL Championship, namun di ajang berbeda Baggott sangat diandalkan. Pesepakbola muda Indonesia dengan posisi bek tengah ini merupakan pemain andalan Kieran McKenna di ajang .

Di antara beberapa pemain Timnas Indonesia yang jarang mendapatkan kesempatan itu, barangkali yang paling menyedihkan adalah ada pada sosok Pratama Arhan.

Musim lalu, Arhan hanya tampil satu kali di ajang J2 League melawan Tochigi SC. Adapun pada musim ini, eks pemain PSIS Semarang itu baru mencatatkan penampilan sebanyak tiga kali saja. Rinciannya adalah satu laga di ajang J2 League beberapa bulan silam serta dua laga di ajang Emperor's Cup.

Di ajang Emperor's Cup tersebut, Arhan menjadi pilihan utama. Namun begitu Tokyo Verdy gugur, namanya kian dilupakan. Alhasil, berbulan-bulan lamanya sejak saat itu, Arhan tak pernah digunakan lagi. Bahkan, untuk masuk sebagai pemain cadangan pun amat sulit baginya.

Oleh karenanya, tak ayal jika beberapa waktu lalu sang pemain disebut-sebut akan segera bergabung dengan klub Korea Selatan Suwon FC. Hal itu dirumorkan pertama kalinya oleh sebuah media bernama Chosun.

Menariknya, di samping rumor ini, di dalam negeri, Arhan juga digoda untuk pulang dan memperkuat klub Indonesia. Adalah Rans Nusantara FC, istri dari pemilik klub tersebut yakni Nagita Slavina mencoba untuk mengajak Arhan bermain untuk klubnya.

“Ntar (Pratama Arhan), berarti kalau balik ke Indonesia. Masuk ke RANS (Nusantara) aja,” kata Nagita Nagita Slavina.

“Kali aja kami dapat juara 1 atau 2,” sambung istri Raffi Ahmad itu.

Mendengar tawaran tersebut, Arhan segera mungkin memberikan jawaban. Kata Arhan, dirinya untuk saat ini masih ingin bermain di luar negeri. Ia ingin mendapat kesempatan sebanyak mungkin sebelum akhirnya nanti pulang ke tanah air.

“Bagi saya pribadi, saya ingin menjadi pemain yang memiliki banyak pengalaman di luar negeri,” ucap Pratama Arhan.

“Saya ingin mendapatkan pengalaman di sana dan belajar dari para pemain. Saat ini saya berada di Jepang dan ingin belajar dari para pemain di sana,” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid