Timnas Indonesia

Wow! Anggaran untuk Menggelar Piala Dunia U-17 Capai 400 Miliar Rupiah!



NOBARTV NEWS – Menpora RI Dito Ariotedjo mengungkapkan angggaran yang disiapkan pemerintah untuk menggelar even 2023. Tak tanggung-tanggung, kata Dito, Pemerintah RI menganggarkan dana hingga 400 miliar rupiah untuk menjadi tuan rumah.

Seperti yang diketahui, pada akhir tahun ini – tepatnya pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang sepakbola internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Dipastikannya Indonesia sebagai tuan rumah terkesan mendadak karena diumumkan tak lebih dari enam bulan menjelang pelaksanaannya.

Jadi, pada Jumat 23 Juni kemarin, FIFA lewat laman resminya telah mengumumkan bahwa Indonesia akan menggantikan posisi Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Keputusan untuk menggantikan Peru dikarenakan negara asal Amerika Latin itu mengalami persoalan yang cukup serius di negara mereka sendiri.

Pertama, Peru dilanda krisis ekonomi – dan kedua, Peru ditimpa bencana alam. Oleh sebab kedua hal tersebut, Peru menarik diri dan FIFA meminta Indonesia sebagai tuan rumah pengganti.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Begitu dipastikan terpilih sebagai tuan rumah pengganti, Pemerintah RI dan PSSI melakukan berbagai persiapan yang super mendadak. Tak lebih dari dua minggu sejak pengumuman tersebut, Kemenpora RI langsung mendata sejumlah pemain keturunan yang berkarier di luar negeri. Kementerian PUPR langsung menginspeksi stadion yang dipersiapkan sebagai salah satu venue . Bahkan kemarin, Bima Sakti dan Dennis Wise sudah melakukan seleksi terhadap ratusan pemain U-17 di Stadion Madya Senayan Jakarta.

Usai seleksi tersebut, para pemain Timnas Indonesia U-17 yang terpilih akan melakukan pemusatan latihan di dalam dan luar negeri. Untuk ke luar negeri, Arkhan Kaka dkk direncanakan akan mengikuti TC tersebut selama satu setengah bulan di negara Eropa.

Persiapan-persiapan di atas belum termasuk dalam anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah RI untuk menggelar Piala Dunia U-17 tersebut. Sebab di even nanti, masih ada beberapa persiapan lainnya yang harus dipenuhi Indonesia sebagai tuan rumah. Kata Menpora RI Dito Ariotedjo, Pemerintah menganggarkan dana hingga 400 juta rupiah untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Berkisar Rp 400 miliaran, mah (untuk Piala Dunia U-17),” kata Dito Ariotedjo.

Lebih lanjut, kata Dito lagi, lebih dari 50 persen dari anggaran yang disiapkan untuk Piala Dunia U-17 itu sudah ada di Kemenpora. Namun untuk jumlah 400 miliar yang diharapkan itu, Dito masih akan membahasnya dalam rapat bersama Presiden RI Joko Widodo.

“Nah, sementara kami sudah saya jelaskan. Kami memiliki sisa dari . Ini yang mau kami bahas di ratas untuk membahas penambahan pos anggaran tersebut,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment