Timnas Indonesia

Karena Ini Timnas Indonesia Dilarang Gunakan SUGBK sebagai Kandang Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Sedini mungkin, kurang dari dua bulan jelang bergulirnya 2022, Menpora RI Zainudin Amali meminta mencari kandang lain selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue untuk even tersebut. Hal ini dikarenakan SUGBK akan direnovasi untuk 2023.

Kepastian itu diutarakan langsung oleh Amali karena ia ingin stadion tersebut steril sebelum Piala Dunia U-20 nanti. Dengan tegas tanpa tawar-menawar lagi, Amali meminta Timnas Indonesia mencari kandang lain.

“Tidak boleh. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk merenovasi, SUGBK sudah ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023,” ujar Zainudin Amali.

Lebih lanjut, Zainudin mempersilakan Timnas Indonesia untuk berkandang di stadion lainnya – yang tidak termasuk dalam 6 stadion Piala Dunia U-20.

“Kan banyak yang nggak dipakai, seperti Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan nggak dipakai Piala Dunia,” ujarnya menambahkan.

Diketahui, format Piala AFF 2022 tidak sama dengan edisi sebelumnya di Piala AFF 2020. Di Piala AFF 2020, seluruh tim bermain di tempat yang sama – di mana saat itu Singapura terpilih sebagai tuan rumah. Sedangkan di edisi tahun ini, AFF kembali mengadopsi format pada tahun 2018 lalu – yang di mana AFF menggunakan sistem round robin.

Jadi, dalam satu grup yang terdiri dari lima tim, setiap tim akan bermain sebagai tuan rumah sebanyak dua kali dan dua kali lainnya bermain sebagai tim tamu.

Skuad asuhan Shin Tae-yong sendiri tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan salah satu di antara Timor-Leste atau Brunei Darussalam. Di babak grup ini, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjadi tuan rumah ketika menjamu Kamboja dan Thailand. Sedangkan ketika melawan Filipina, Marc Klok dkk akan bertandang ke markas The Azkals di Stadion Rizal Memorial, Manila. Serta satu laga tandang lainnya yang belum ditentukan karena masih menunggu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam.

Namun sayang, dengan penegasan yang sudah disampaikan oleh Zainudin Amali tadi, maka dipastikan bahwa Garuda Indonesia tidak akan bermain di stadion yang terkenal angker oleh lawan-lawannya itu.

Beberapa rumor mengatakan bahwa salah satu konser girl band BLACKPINK akan dihelat di SUGBK yang juga dengan jelas dibantah oleh Menpora sendiri.

“Pasti enggak boleh (Stadion GBK dipakai konser). Semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui oleh FIFA November ini akan mulai direnovasi,” tutup Amali.

Adapun Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2022. Diharapkan, Garuda Indonesia sukses menjadi juara setelah di edisi sebelumnya (2020) hanya berstatus sebagai runner-up setelah tumbang atas Thailand di partai final.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments