Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Raih Emas Sepak Bola ke-Tiga SEA Games Sepanjang Sejarah



NOBARTV NEWS berhasil meraih gelar ketiga sepanjang sejarah digelarnya even SEA Games cabang olahraga sepak bola.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi, Timnas Indonesia U-22 dan Timnas Thailand U-22 memainkan partai terakhirnya di even SEA Games 2023. Laga yang berlangsung sengit itu membutuhkan waktu hingga extra time 2×15 menit. Namun pada akhirnya, skuad Garuda berhasil mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 5-2.

Di babak pertama, pertandingan berjalan cukup keras. Kiper Timnas Indonesia Ernando Ari bahkan harus mendapatkan kartu kuning pertama di laga tersebut ketika laga belum sampai 10 menit. 11 menit berselang atau tepatnya pada menit ke-21, skuad Garuda membuka skor. Tandukan Ramadhan Sananta masuk ke jala gawang Thailand U-22 setelah lebih dulu mengenai badan pemain lawan.

Keberuntungan Sananta belum habis. Di injury time babak pertama, lewat serangan balik cepat, striker PSM Makassar itu menyontek bola dari luar kotak penalti. Bola melambung tinggi dan masuk ke gawang sang lawan. Skor 2-0 menutup pertandingan di babak pertama.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Di babak kedua, Indra Sjafri melakukan beberapa pergantian pemain. Ramadhan Sananta digantikan Irfan Jauhari, Rio Fahmi juga keluar dan Indra memasukkan Rio Fahmi. Sayangnya, pergantian tersebut harus dibayar mahal karena Timnas Indonesia U-22 kebobolan dua gol di babak kedua. Skor 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan dengan extra time. Namun sebelum dilanjutkannya babak extra time tersebut, sempat terjadi kericuhan ketika pemain Thailand U-22 melakukan provokasi dengan berlarian di depan bench Timnas Indonesia U-22.

Beberapa menit setelah injury time babak pertama, giliran Timnas Indonesia U-22 yang mencetak gol kejutan. Irfan Jauhari menyontek bola setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Thailand. Gol tersebut sempat membuat laga semakin memanas.

Di injury time babak kedua, Timnas Indonesia U-22 kembali menambah keunggulan lewat dua gol masing-masing dari kaki Fajar Fathurrahman dan Beckham Putra. Skor 5-2 menjadi akhir dari pertandingan. Timnas Indonesia U-22 akhirnya meraih emas ketiganya sepanjang sejarah digelarnya SEA Games. Namun di balik kemenangan tersebut, wasit harus mengeluarkan banyak kartu merah dan kuning. Tercatat, 16 kartu kuning dan 6 kartu merah dikeluarkan. Baik untuk pemain maupun staf.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dua gelar juara SEA Games yang pernah diraih Timnas Indonesia dicatatkan pada tahun 1987 dan 1991. Berarti, butuh waktu selama 32 tahun untuk mendapat medali emas untuk ketiga kalinya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid