Timnas Indonesia

Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23



NOBARTV.CO.ID PSSI jelaskan status Nathan Tjoe-A-On, Bek sayap U23 Nathan Tjoe-A-On meninggalkan skuad tak lama setelah laga pamungkas grup A Piala Asia U23 melawan Yordania. Pemain SC Heerenveen itu pergi untuk bergabung dengan klubnya di . Atas hal itu, PSSI pun angkat bicara.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, telah dilangsungkan laga pamungkas grup A Piala Asia U23 2024 antara Timnas Indonesia vs Timnas Yordania. Selain duel tersebut, di grup yang sama juga berlangsung pertandingan antara Timnas Qatar vs Timnas Yordania.

Pertandingan yang mempertemukan empat tim ini pada dasarnya dibutuhkan oleh tiga tim saja. Tiga tim tersebut adalah Timnas Indonesia, Timnas Yordania, dan Timnas Australia. Sedangkan satu tim lainnya yakni Qatar tidak menganggap pertandingan ini cukup penting karena tuan rumah Piala Asia U23 2024 ini sudah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal lewat dua pertandingan sebelumnya.

Jadi, dari empat tim yang tergabung dalam grup A semalam, Qatar menjadi satu-satunya tim yang sudah dipastikan lolos lewat dua pertandingan awal. Hal itu tak lain karena mereka sudah menang dua kali masing-masing atas Indonesia (2-0) dan Yordania (2-1). Oleh karena itu, di saat tiga tim lainnya mengincar kemenangan dalam laga pamungkas grup, Qatar justru lebih santai.

Baca Juga:  Latihan Perdana Timnas Indonesia Diikuti 18 Pemain, di Mana yang Lain?

Dan pada akhirnya, dalam laga pamungkas kemarin, laga yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Yordania dimenangkan oleh skuad Garuda dengan skor 4-1. Adapun di laga antara Qatar vs Australia, kedua tim bermain sama kuat 0-0. Hasil ini pun membuat Indonesia dipastikan menemani Qatar. Indonesia sepanjang fase grup sukses mencatatkan dua kemenangan dengan 6 poin. Sedangkan Qatar dengan 7 poin tanpa pernah menelan kekalahan.

Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23
Nathan Tjoe-A-On di laga Indonesia vs Yordania tadi malam (sumber: IG @timnas.indonesia)

Tapi sayang, bagi Timnas Indonesia sendiri, skuad Garuda harus kehilangan satu pemainnya usai laga melawan Yordania. Bahkan, besar kemungkinan sang pemain tidak akan bisa bermain di laga perempatfinal nanti. Pemain yang dimaksud adalah Nathan Tjoe-A-On. Nathan dikabarkan sudah terbang dan kembali ke klubnya SC Heerenveen. Padahal, sang pemain sangat berperan di beberapa laga terakhir Timnas Indonesia U23 di ajang Piala Asia U23 ini.

Mengenai hal tersebut, PSSI pun angkat suara usai perginya sang pemain andalan. Melalui salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga, pihaknya menyebut pada awalnya SC Heerenveen sangat berat untuk melepas pemainnya itu.

Baca Juga:  TC Timnas Indonesia Akan Kedatangan Pemain Baru, Siapa Dia?

“Ya, memang kemarin kami melobi klubnya Nathan, dan dari hasil lobi tersebut, memang awalnya berat betul mereka melepas Nathan,” kata Arya Sinulingga.

“Pak Ketua minta langsung untuk minimal bisa lolos 8 besar 2024 karena target awal kami di sana,” ucap Arya menambahkan.

“Pak Ketua usaha betul supaya Nathan bisa bermain dan mencapai target yang sudah ditargetkan kepada pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.”

Namun pada akhirnya, SC Heerenveen rela melepas bek mudanya tersebut dengan syarat hingga berakhirnya fase grup Piala Asia U23 2024. Dan malam hari tadi, laga terakhir di fase grup tersebut sudah selesai dimainkan.

“Makanya Pak Ketua upaya banget ke klubnya Nathan untuk melobi bisa bermain. Awalnya, mereka tidak mau melepas karena bukan agenda FIFA, tapi akhirnya dilepas ketika kami minta sampai lolos grup,” cerita Arya.

“Sekarang sudah lolos grup, dan memang itu yang kami lobi ke klubnya Nathan, usaha yang kami buat,” pungkas anggota Exco PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *