Timnas Indonesia

Pulang dari Kuwait, STY Pimpin Garuda Muda di Piala AFF U-19



Pulang dari Kuwait, STY Pimpin Garuda Muda di Piala AFF U-19
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS U-19 telah tiba di Indonesia pada Selasa, kemarin. Mereka baru saja mengikuti Piala Toulon 2022 di Prancis. Selain itu, mereka juga sempat berlatih dan beruji coba sebelum terbang ke Indonesia.

Di Piala Toulun 2022, Ronaldo Kwateh dkk hanya mampu mempersembahkan juara ke-10 untuk Timnas Indonesia. Mereka takluk dari Timnas Aljazair di perebutan peringkat ke-sembilan.

Selama menjalani fase grup (Piala Toulon), Timnas Indonesia U-19 tergabung di grup B bersama Timnas Venezuela, Ghana, dan Meksiko. Dari tiga laga fase grup tersebut, Timnas Indonesia U-19 hanya mampu menang sebanyak satu kali dari Timnas Ghana. Itupun dengan skor tipis 1 – 0.

Kini, mereka pulang ke tanah air. Dengan demikian, Dzenan Radoncic selaku pelatih sementara Timnas Indonesia U-19 akan menyerahkan kembali kuasanya kepada pelatih sebenarnya, Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Shin Tae-Yong sendiri segera pulang ke Indonesia bersama skuad Garuda setelah bermain di di Kuwait. Selama berada di Kuwait, Timnas Indonesia berhasil menang sebanyak 2 kali dan kalah 1 kali. Berkat dua kemenangan itu, Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu runner-up terbaik.

Usai membawa Timnas Indonesia akhirnya tampil ke Piala Asia, Shin Tae-Yong akan kembali menukangi Timnas Indonesia U-19 dalam event lain. Event tersebut adalah U-19 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Bertempat di dua lokasi, Jakarta dan Bekasi, Timnas Indonesia U-19 tergabung di grup A bersama dua tim kuat yakni Timnas Vietnam U-19 dan Thailand U-19. Serta beberapa tim lain seperti Brunai Darussalam, Myanmar, dan Filipina.

Event tersebut (Piala AFF U-19) akan dimulai pada bulan depan. Namun persiapan akan segera digeber usai Shin Tae-Yong tiba di Indonesia (dari Kuwait). Pelatih asal Korea Selatan itu memiliki jadwal yang sangat padat untuk bulan-bulan ke depan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Alhamdulillah saat ini tim U-19 Indonesia sudah tiba di Jakarta. Dalam waktu dekat mereka akan menjalani pemusatan latihan jelang mengikuti Piala AFF U-19,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

“Pelatih Shin Tae-yong begitu selesai membawa Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia di Kuwait langsung memimpin Tim U-19 untuk ajang Piala AFF U-19,” tambahnya.

Piala AFF U-19 direncanakan akan dimulai pada tanggal 2 sampai 15 Juli mendatang. Gelar juara menjadi target untuk Timnas muda Indonesia. Terlebih dengan persiapan yang lumayan banyak, maka gelar juara merupakan harga mutlak yang harus diberikan oleh Ronaldo Kwateh dkk.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid