Timnas Indonesia

Setelah Ketum PSSI, Menpora RI Juga Berharap STY Jangan Mundur dari Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Menpora RI Zainudin Amali turut bersuara dengan rencana Shin Tae-yong untuk mundur sebagai pelatih jika Iwan Bule tidak menjabat sebagai Ketua Umum PSSI lagi. Sama seperti Iwan Bule, Zainudin Amali juga meminta STY tidak pergi meninggalkan kursi jabatannya sebagai pelatih .

Diketahui, Mochamad Iriawan didesak oleh banyak orang untuk mundur sebagai Ketua Umum PSSI. Tidak hanya dia, Waketum, anggota Exco, hingga Sekjen diminta untuk mundur dari jabatannya buntut Tragedi Kanjuruhan.

Para pengurus PSSI itu disebut sebagai salah satu pihak yang harus bertanggung jawab atas kejadian itu. Tim investigasi yang dibentuk langsung oleh presiden RI Joko Widodo yaitu TGIPH (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta) juga memberikan rekomendasi agar Ketum PSSI dan jajarannya mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral.

Tak berselang lama setelah desakan dari banyak pihak itu, PSSI akhirnya membuka mata dan menerima saran untuk mempercepat KLB (Kongres Luar Biasa). Lewat KLB tersebut, Ketum beserta Exco PSSI siap mundur. Sejatinya, KLB akan dilakukan pada akhir tahun depan. Namun desakan dari berbagai kalangan itu membuat mereka akhirnya mempercepat KLB menjadi Maret tahun depan.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Namun jauh sebelum rencana KLB itu, Shin Tae-yong sempat mengancam akan hengkang dari kursi pelatih jika Iwan Bule tidak menjabat sebagai Ketum PSSI lagi.

“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” ujar Shin Tae-yong lewat akun media sosial instagramnya kala itu.

“Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” tegasnya lagi.

Iwan Bule sendiri melarang Shin Tae-yong untuk pergi. Dengan legowo, ia merelakan dirinya untuk pergi (hengkang dari PSSI) namun meminta Shin Tae-yong untuk tetap membersamai skuad Timnas Indonesia.

“Saya berharap adik saya Shin Tae-yong, jangan mundur. Biarkan saya selesai di PSSI, Shin Tae-yong tetap di timnas,” ujar Iwan Bule.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

“Nanti mungkin saya akan sampaikan ke yang bersangkutan, mudah-mudahan ya Shin Tae-yong akan mendengar saya. Jangan meninggalkan timnas karena timnas kita adalah harapan dalam ,” tambahnya.

Dan baru-baru ini, Menpora RI Zainudin Amali juga angkat suara. Sama seperti Iwan Bule, Zainudin Amali juga meminta STY untuk tetap sebagai pelatih Timnas Indonesia. Terlebih di tahun depan skuad Timnas Indonesia memiliki agenda yang cukup padat.

“Iya dong (berharap Shin Tae-yong bertahan),” ujar Zainudin Amali kemarin.

“Shin Tae-yong masih dan saya kira mudah-mudahan tetap. Kan kepentingan kita juga untuk Timnas (Indonesia),” ujarnya menambahkan.

“Apalagi kan Pak Iwan Bule saya baca dia tetap meminta Shin Tae-yong terus kan,” tutup politikus dari Partai Golongan Karya ini.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments