Timnas Indonesia

Tiga Even Sepakbola yang Akan Digelar di Indonesia Tahun Depan, Apa Saja?



NOBARTV NEWS – Tiga even sepakbola akan digelar di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Apa saja itu?

Seperti yang diketahui, 2023 baru saja selesai digelar di Indonesia. Dalam even sepakbola internasional yang digelar tiap dua tahun sekali ini, skuad Jerman U-17 resmi mengukuhkan dirinya sebagai pemilik gelar. Di laga final, Timnas Jerman U-17 sukses mengalahkan Timnas Prancis U-17. Setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal, Jerman U-17 akhirnya mencatatkan kemenangan lewat babak adu penalti.

Sementara itu, di perebutan tempat ketiga berhasil dimenangkan oleh Timnas Mali U-17. Negara asal Afrika itu membungkam tim asal Amerika Latin Argentina U-17 dengan skor telak 3-0. Adapun sang tuan rumah Indonesia, anak asuh Bima Sakti itu sudah tersingkir sejak fase grup. Arkhan Kaka dkk finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A dengan catatan dua poin. Alhasil, mereka gagal melaju ke babak 16 besar.

Dan menariknya, pada tahun depan, akan kembali tampil di beberapa even penting. Sebut saja seperti Timnas Indonesia senior yang bakal main di 2026 dan Piala Asia 2023. Belum lagi dengan Timnas Indonesia U-24 yang akan tanding di 2024.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Untuk Piala Asia U-23 2024 itu, skuad Garuda akan bermain di Qatar. Begitupun dengan Piala Asia 2023 juga akan dihelat di negara timur tengah itu. Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, beberapa pertandingan digelar di kandang sendiri dan di kandang lawan.

Tapi menariknya, di samping itu, ada beberapa even lainnya yang juga tak kalah bergengsi. Bahkan, even yang dimaksud akan digelar di Indonesia. Ya, sama seperti Piala Dunia U-17 kemarin, tercatat, akan ada tiga even yang akan digelar di Indonesia pada tahun depan. Tiga even ini akan diikuti oleh Timnas Indonesia kelompok umur. Tiga even itu adalah  U-16 2024, Piala AFF U-19 2024, dan  U-17 2024.

Tiga Even Sepakbola yang Akan Digelar di Indonesia Tahun Depan, Apa Saja?
Selebrasi gol pemain Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Sejauh ini, even Piala AFF U-16 belum diketahui kapan waktu pelaksanaannya. Namun di edisi terakhirnya pada tahun 2022 lalu, Timnas Indonesia keluar sebagai juara dan di saat itu juga sedang bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sementara untuk Piala Asia U-17 2024, kompetisi ini disebut akan digelar pada 7-20 April 2024. Dalam ajang ini, akan ada delapan negara termasuk Indonesia yang akan turut serta selaku tuan rumah. Rencananya, venue untuk ajang tersebut adalah Stadion Jakabaring Palembang.

“Ya, kami tahun depan mendapatkan jatah untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, dan Piala Asia Wanita U-17,” ujar salah satu anggota Exco PSSI Muhammad.

“Yang baru kita tahu venue nya mungkin kalau Piala Asia Wanita U-17 2024 di Palembang,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Muhammad berharap Piala AFF U-19 dan Piala AFF U-17 digelar di Stadion Manahan Solo. Sebelumnya, Manahan Solo digunakan sebagai satu dari empat venue untuk ajang Piala Dunia U-17 2023.

“Karena marketnya udah terbentuk di sana. Nah untuk Piala AFF U-16 2024 sama Piala AFF U-19 2024 harapan saya salah satunya Solo,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid