Timnas Indonesia

Komentator Sepak Bola Bung Ahay Beri Saran untuk Skuad Garuda Jelang Hadapi Vietnam



NOBARTV NEWS – Laga panas antara Vietnam Vs Indonesia akan kembali tersaji pada leg kedua semifinal 2022 besok malam. Komentator sepak bola Indonesia Bung ‘Ahay' memberikan saran bagi skuad Garuda jelang duel panas tersebut.

Sebagaimana diketahui, besok malam pukul 19.30 WIB, skuad Garuda akan memainkan laga hidup mati melawan Timnas Vietnam. Laga tersebut akan dihelat di markas Vietnam Mỹ Đình Stadium. Di pertemuan sebelumnya (leg pertama), Marc Klok dkk sukses menahan imbang sang tamu 0-0.

Sehingga di leg kedua ini, skuad Garuda cukup bermain imbang minimal 1-1 untuk melangkahkan kakinya ke partai final. Sebab sebagaimana peraturan yang berlaku, Piala AFF edisi 2022 masih menerapkan sistem gol tandang. Dengan demikian, skuad Indonesia cukup imbang 1-1 atau lebih untuk menyegel tiket ke final seperti yang diraihnya pada edisi sebelumnya.

Nah, dalam laga nanti, komentator sepak bola Indonesia Hadi Gunawan atau Bung Ahay memiliki saran untuk skuad Garuda. Minimal, Marc Klok dkk masih bisa bermain sama baiknya seperti di leg pertama kemarin. Karena berdasarkan fakta dan data, tampil memukau meski kalah dalam segi penguasaan bola pada leg pertama kontra Vietnam di GBK.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Lini bertahan yang diemban oleh trio Fachruddin, Amat, dan Ridho sangat solid. Tak satupun serangan berbahaya yang diterima oleh penjaga gawang Nadeo berkat kehadiran tiga center bek tersebut.

Di lini tengah, Marc Anthony Klok dan Rachmat Irianto bermain baik dengan umpan terukur mereka. Adapun di lini depan, beberapa kali Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan memberikan efek kejut kepada barisan pertahanan anak asuh Park Hang-seo itu. Maka daripada itu, setidaknya, mereka harus bisa bermain apik seperti leg pertama kemarin untuk membuka peluang lolos ke fase berikutnya (final Piala AFF 2022).

Bagi Bung Ahay, Thailand dan Vietnam sama-sama tim kuat dan berada di atas Indonesia. Namun level Indonesia dengan dua negara tersebut tidak jauh berbeda. Dalam artian, untuk mengalahkan Vietnam bukanlah hal yang mustahil bagi skuad Garuda.

“Sebenarnya sama seperti Vietnam atau Thailand main di sini (Indonesia), tetapi biar bagaimanapun mereka bukan Prancis atau Argentina. Masih selevel lah. Mereka sedikit lebih baik, tapi tidak jomplang banget. Masih Asia Tenggara, mereka lebih baik tapi tidak jauh-jauh juga,” kata Hadi Gunawan atau Bung Ahay.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Bung Ahay menyarankan agar mental skuad Garuda lebih kuat lagi ketika pertandingan nanti.

“Tinggal kuat-kuatan mental saja, kalau lebih kuat bisa memenangi laga. Bukan hal yang baru mengalahkan mereka di sana. Tahun 2004 kita menang 3-0, 2016 digempur habis-habisan kita bisa juga (imbang 2-2),” tambahnya.

“Kalo lini belakang sudah oke, organisasi bagus. Cuma kita tak punya finisher saja. Umpan Jordi Amat itu Eropa banget. Itu yang tidak kita miliki dari pemain belakang kita. Kebanyakan cuma bisa menghalau bola dan menjaga orang. Jordi Amat bisa build-up, bisa kasih pelayanan yang bagus, lalu jadi peluang.”

“Kalau ada peningkatan di lini depan, peluang kita cukup besar untuk bisa lolos ke final. Bukan hal mustahil, karena bukan menghadapi Prancis, Jerman, Jepang, Korea, Arab Saudi. Masih selevel, walaupun di atas tapi tidak jauh-jauh amat,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments

  1. Setuju sama bung ahay, yang terpenting jangan takut dulu sebelum bertanding. Intinya bermain secara maksimal InsyaAllah akan meraih kemenangan,finishing diperbaiki dan lini tengah lebih berani menguasai bola.bermain dengan sabar dari kaki ke kaki, menggunakan umpan terupas, jangan egois, dan mental harus lebih kuat lagi.