BRI Liga 1Timnas Indonesia

BRI Liga 1 Akan Segera Bergulir, Pelatih PSM Was-was Pemainnya Ikut TC Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Pelatih PSM Makassar Bernando Tavares bangga setelah mengetahui tiga pemainnya dipanggil untuk mengikuti TC . Namun di balik rasa bangganya tersebut, pelatih asal Portugal itu merasa was-was karena harus kehilangan ketiga pemain intinya itu.

Diketahui, PSSI baru saja mengumumkan 28 pemain Timnas Indonesia yang akan mengikuti pemusatan latihan di Bali jelang 2022. Dari 28 nama tersebut, terselip tiga pemain PSM Makassar. Mereka adalah Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta, dan Dzaky Asraf.

Di antara tiga nama tersebut, Dzaky merupakan satu-satunya pemain Garuda muda yang berpeluang debut untuk Timnas Indonesia senior. Sebagaimana diketahui, Dzaky sebelumnya ‘hanya' memperkuat Timnas Indonesia U-20 saja. Namun secara mengejutkan, pemain asli binaan PSM Makassar itu masuk dan menjadi satu-satunya pemain muda yang dipromosikan oleh Shin Tae-yong.

Adapun Ramadhan Sananta dan Yakob Sayuri, keduanya merupakan pemain yang sebelumnya juga diikutsertakan Shin ketika Garuda Indonesia jumpa Timnas Curacao dalam ajang FIFA Matchday.

Atas dipanggilnya ketiga pemainnya itu, Bernando Tavares mengaku bangga. Tavares menyebutnya sebagai sebuah hal yang bagus.

“Untuk saya sebagai pelatih dan bagi pemain, ini adalah hal yang bagus,” terangnya.

“Saya berharap kalau jadi pelatih, lebih banyak pemain saya dipanggil ke Timnas,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, di balik rasa bangganya itu, Tavares merasa was-was karena diketahui, direncanakan akan bergulir lagi dalam waktu dekat ini. Jika benar demikian, maka PSM harus berlaga tanpa kehadiran para pemain andalannya itu.

“Untuk klub ini akan menjadi sesuatu yang tidak terlalu bagus jika mengikuti kompetisi nantinya,” paparnya.

“Mereka tiga pemain penting kita,” tutup pelatih 42 tahun itu.

Untuk diketahui, ketiga pemain PSM Makassar ini memang menjadi andalan untuk klub yang berdomisili di pulau Sulawesi ini. Berdasarkan statistik yang dihimpun dari transfermarkt: Sananta, Dzaky, dan Sayuri merupakan pemain yang sangat diandalkan oleh Tavares. Hal itu terbukti dari statistik yang sudah mereka dapatkan.

Tercatat, di BRI Liga 1 musim 2022-2023, Ramadhan Sananta telah tampil sebanyak 7 kali dengan torehan 3 gol. Selain itu, ia juga pernah tampil di AFC Cup 2022 sebanyak 2 kali. Di pra-musim kemarin, striker kelahiran 27 November 2022 ini telah mengemas 2 penampilan bersama klub berjuluk Juku Eja itu.

Yakob Sayuri bahkan lebih membanggakan lagi. Bermain di posisi sayap, pemain asli Papua ini telah bermain sebanyak 9 kali di ajang BRI Liga 1. Dari 9 pertandingan itu, Yakob telah mencatatkan 4 gol dan 3 assist. Di 2022, Yakob telah mencetak 2 gol dari 4 pertandingan.

Adapun Dzaky Asraf, meski tidak pernah mencetak gol maupun assist, ia adalah pemain yang sangat diandalkan walaupun sang pemain masih terbilang sangat muda. Di musim ini, Dzaky telah tampil di 10 laga dan di AFC Cup, punggawa Garuda muda ini telah bertanding dalam 4 pertandingan.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments