Timnas Indonesia

Garuda Muda Masih di Turki Sampai 15 November, Bakal Uji Coba Sekali Lagi!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Gara-gara visa, skuad Garuda muda gagal berangkat ke Spanyol. Padahal, mereka seharusnya sudah tiba di sana – bahkan telah melakukan laga uji coba. Sayang, akibat visa tersebut, U-20 akan bertahan di Turki hingga 15 November mendatang.

Andaikata Marselino Ferdinan dkk sudah tiba di Spanyol sejak kemarin, hari ini seharusnya menjadi hari uji coba pertama mereka di sana. Sebab sebagaimana diketahui, Timnas Jepang U-18 tengah berada di Spanyol dalam rangka tur Eropa-nya. Berbagai sumber menyebutkan tim muda Samurai Biru itu akan melawan Timnas Indonesia U-20 dalam salah satu laga uji cobanya.

“Iya kami masih bertahan di Turki, karena ada sedikit bermasalah dengan visa,” ujar asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto.

“Rencana lawan Jepang tidak jadi karena kami belum bisa berangkat ke Spanyol,” ujarnya menambahkan.

Hal ini membuat skuad Garuda muda harus bertahan untuk sementara waktu di Turki. Bahkan, dilansir dari akun instagram resmi PSSI, tampak skuad Garuda muda kembali melakukan pemusatan latihan seperti biasa. Dalam beberapa foto yang diunggah, skuad Garuda muda tengah melakukan latihan di pinggir pantai. Mereka tengah latihan angkat beban yang diganti dengan mengangkat rekan sendiri.

Dan ternyata, pemusatan latihan seperti biasa akan terus dilakukan Marselino Ferdinan dkk sampai hari keberangkatan (ke Turki). Hal itu telah dikonfrimasi oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Ini masih fokus di Turki sampai 15 November 2022. Makanya yang beredar di luar itu kadang-kadang belum tentu benar,” ujar Indra.

“Jadi mereka fokus sampai 15 November 2022 di Turki,” lanjut mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Lebih lanjut, Indra menyebut skuad Garuda muda bakal melakukan uji coba lagi sebelum berangkat ke Spanyol nanti.

“Masih ada uji coba di Turki. Uji coba tidak bisa kami permanenkan di awal karena harus lihat situasi. Sebab ada pemain cedera dan pemain kelelahan.”

Terkait siapa tim yang akan dilawan, Indra menyebut kemungkinan Garuda muda akan kembali melawan sebuah negara.

“Yang jelas kemungkinan akan uji coba melawan negara lain,” tutupnya.

Selama di Turki, Timnas Indonesia U-20 telah melakukan empat laga uji coba. Dua di antaranya negara dan satu merupakan tim lokal. Garuda muda pernah melawan Timnas Moldova U-20 sebanyak dua kali dengan rincian satu kali menang dan satu kali imbang.

Sedangkan di laga melawan Timnas Turki U-20, skuad Garuda muda tumbang dengan skor akhir 2-1. Adapun di uji coba melawan tim lokal Cakallikli Spor, anak asuh Shin Tae-yong itu menang mudah dengan kedudukan akhir 2-1. Semoga di uji coba terakhir atau ke-lima nanti Marselino Ferdinan dkk sukses mencatatkan raihan positif sebelum melanjutkan perjalanannya ke Spanyol. Namun yang paling penting semoga sang lawan merupakan tim yang benar-benar jauh lebih kuat dari Timnas Indonesia.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid