Piala AFF

Buntut Kekalahan atas Vietnam di Piala AFF U-16, Presiden FAT Thailand Diserukan Mundur



Buntut Kekalahan atas Vietnam di Piala AFF U-16, Presiden FAT Thailand Diserukan Mundur
Selebrasi gol pemain Vietnam usai menjebol gawang Thailand di U-16

NOBARTV NEWS – Kekalahan Thailand di partai semifinal Piala AFF U-16 atas Vietnam menimbulkan reaksi keras dari para pengamat sepak bola Thailand. Bagaimana tidak, dari tiga pertemuan terakhir untuk semua kelompok umur, Thailand selalu kalah dari Vietnam. Hal itu membuat banyak orang menyerukan agar Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung untuk segera memundurkan diri.

Secara berturut-turut, berikut tiga pertemuan terakhir kedua tim di semua ajang:

1. Final SEA Games 2021 (Vietnam U-23 Vs Thailand U-23)

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam event ini. Di babak final SEA Games 2021 lalu, tuan rumah Vietnam U-23 berjumpa dengan Thailand U-23.

Dalam laga tersebut, Timnas Vietnam U-23 sukses melumpuhkan perjuangan Thailand lewat gol tunggal Nham Manh Dung.

2. Perebutan Tempat Ketiga Piala AFF U-19 2022

Timnas Vietnam U-19 sempat bertemu dengan Thailand U-19 di babak grup A Piala AFF U-19. Saat itu, kedua tim bermain imbang 1 – 1. Kedua tim kemudian lolos ke babak semifinal – yang sayangnya keduanya kalah dan harus berjumpa lagi dalam perebutan tempat ketiga.

Bertanding sama kuat di waktu normal, Vietnam dan Thailand terpaksa melanjutkan laga hingga babak adu penalti. Sialnya lagi, Timnas Thailand U-19 lagi-lagi telan kekalahan atas sang lawan. 5 – 3 menjadi skor akhir pertandingan.

3. Semifinal Piala AFF U-16 2022

Sungguh sial bagi Thailand. Tim yang lolos ke babak semifinal karena finis sebagai juara grup B itu justru takluk di babak tersebut oleh Timnas Vietnam yang berstatus sebagai runner-up terbaik. 2 – 0 menjadi skor akhir kedua tim. Vietnam U-16 akhirnya melaju ke babak final sedangkan Thailand dengan terpaksa melakoni pertandingan untuk memperebutkan peringkat ketiga dengan Timnas Myanmar.

Dari tiga kekalahan berturut-turut tersebut, publik sepak bola Thailand bertanya. Mengapa Vietnam selalu menjadi momok menakutkan bagi negara mereka. Seruan untuk mengganti posisi Somyot Poompanmoung dari kursi presiden FAT mencuat usai Thailand U-16 gagal melaju ke babak final Piala AFF U-16.

Bahkan, para pakar sepak bola Thailand dibuat heran dengan kekalahan tim muda mereka atas tim berjuluk The Golden Stars itu.

Dilansir dari media asal Vietnam, Soha VN, “Banyak pakar sepak bola Thailand mengajukan pertanyaan: Mengapa sepak bola pemuda Thailand terus-menerus gagal melawan Vietnam?”

“Ada banyak pendapat yang menyerukan Thailand untuk melakukan reformasi, terutama Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) Somyot Poompanmoung harus mengundurkan diri!” Lanjut Soha dalam artikelnya.

Selain itu, setidaknya ada tiga media asal Thailand yang mengangkat tema yang sama. Ketiganya kompak memuat artikel terkait kekalahan Thailand atas tim berjuluk The Golden Stars itu.

Siam Sports memuat sebuah artikel berjudul, ‘Vietnam membunuh mimpi Gajah Perang lagi.'

Media Thailand lainnya, SMM Sports mengunggah artikel terkait negaranya yang telah berulang kali kalah dari Vietnam.

“Timnas Thailand U-16 kalah 0 – 2 dari Vietnam dan harus mengucapkan selamat tinggal pada impian final. Jadi hingga saat ini, tim muda Thailand telah berulang kali gagal melawan Vietnam,” tulis SMM Sports.

Surat kabar Thailand lainnya, Matichon juga memuat berita kekalahan tersebut.

“Timnas Thailand U-16 kalah dari Vietnam 0 – 2 di semifinal Kejuaraan AFF U-16 2022. Thailand gagal di semua kelompok umur ketika melawan Vietnam,” tutup media asal Vietnam itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid