Timnas Indonesia

Termasuk Indonesia, Berikut 16 Tim yang Dinyatakan Lolos ke Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Kemenangan U-23 atas Turkmenistan U-23 tadi malam membuat anak asuh Shin Tae-yong itu sebagai satu dari 16 tim yang lolos ke putaran final 2024.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi, bertempat di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, skuad Garuda berjumpa dengan Timnas Turkmenistan U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 grup K. Laga tersebut merupakan laga pamungkas untuk grup K di babak kualifikasi itu.

Secara mengejutkannya, Ramadhan Sananta dkk berhasil mengalahkan anak asuh Ahmet Agamyradov itu. Skor 2-0 menjadi akhir dari pertandingan tersebut. Dua gol tersebut dikemas masing-masing oleh Ivar Jenner di babak pertama dan satu gol lainnya lewat sundulan Ivar Jenner di penghujung babak kedua.

Sebelumnya, di laga perdananya – skuad Garuda muda juga meraih kemenangan ketika berhadapan dengan Timnas Taiwan U-23. Di laga melawan Taiwan U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu meraih kemenangan dengan menggulung sang lawan 9-0. Untuk saat itu, di laga perdananya tersebut, sembilan gol dihasilkan dari Rafael Struick, Pratama Arhan, Rio Fahmi, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan dua gol dari kaki Marselino Ferdinan.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Oleh karena itu, kemenangan keduanya secara berturut-turut di Kualifikasi Piala Asia U-23 ini membuat Timnas Indonesia memastikan diri melangkah ke putaran final Piala Asia U-23 yang akan dihelat tahun depan di Qatar.

Menariknya, penampilan skuad Timnas Indonesia di even tersebut menjadi yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah kepastian mentas di even sepakbola tertinggi di Asia itu menjadikan sang pelatih STY berhasil membawa tiga kelompok umur Timnas Indonesia tampil di tiga even berbeda. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 juga tampil di Piala Asia U-20 2023. Selain itu, untuk tim senior, Marc Klok dkk juga bakal tampil di ajang Piala Asia 2023.

Termasuk Indonesia, sampai saat ini, diketahui terdapat 16 tim yang sudah memastikan langkahnya ke Piala Asia U-23 2024. Siapa saja? Berikut daftarnya:

Qatar (tuan rumah)

Baca Juga:  Kerap Mengganggu, KBRI Doha Minta Fans Tidak Dekati Pemain Timnas Indonesia

Yordania (juara Grup A)

Korea Selatan (juara Grup B)

Vietnam (juara Grup C)

Jepang (juara Grup D)

Uzbekistan (juara Grup E)

Irak (juara Grup F)

Uni Emirat Arab (juara Grup G)

Thailand (juara Grup H)

Australia (juara Grup I)

Arab Saudi (juara Grup J)

Indonesia (juara Grup K)

Kuwait (best runner-up)

Tajikistan (2nd best runner-up)

China (3rd best runner-up)

Malaysia (4th best runner-up)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid