Timnas Indonesia

Coach Justin Tegaskan Piala AFF Tak Ada Apa-apanya Dibanding Lolos ke Piala Asia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Lewat sebuah podcast terbarunya, Coach Justin menegaskan kalau lolos ke Piala Asia jauh lebih berharga daripada juara .

Sebagaimana diketahui, sampai detik ini, kehadiran Shin Tae-yong masih menjadi perdebatan yang tak habis-habisnya untuk dibahas. Kehadiran pelatih asal Korea Selatan itu menimbulkan pro kontra di kalangan penikmat sepakbola tanah air.

Di satu sisi, kehadiran Shin Tae-yong dianggap sebagai sebuah anugrah dan keputusan yang tepat dari PSSI. Bahkan, golongan ini begitu mendesak agar PSSI cepat-cepat memberikannya perpanjangan kontrak. Alasannya, Shin Tae-yong sukses membawa mentas kembali ke kompetisi tertinggi di benua Asia yaitu Piala Asia 2023.

Sementara itu, dari kubu yang berseberangan, mereka dengan tegas menolak kehadiran sang pelatih. Alasannya, dengan pengalamannya yang ‘konon' segudang itu, Shin Tae-yong tak pernah berhasil membawa pulang gelar juara di ajang sekelas Piala AFF. Dari dua edisi yang diikutinya, Shin selalu gagal. Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia di bawah kendali STY finis sebagai runner-up di bawah Timnas Thailand. Sedangkan di edisi 2022, skuad Garuda terhenti di babak semifinal atas Timnas Vietnam.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Terlepas dari pro kontra tersebut, sebetulnya, pendapat yang berseberangan itu sama-sama menginginkan satu hal. Mereka sama-sama ingin melihat Timnas Indonesia menjadi tim yang lebih berprestasi lagi. Baik itu di kancah sepakbola domestik seperti sesama negara Asia Tenggara ataupun di kancah internasional macam Asia dan dunia.

Menariknya, salah satu pengamat sepakbola Indonesia Justinus Lhaksana atau biasa disapa Coach Justin justru condong kepada orang-orang yang pro dengan STY. Berdasarkan kacamatanya sebagai seorang pengamat sekaligus eks pelatih Timnas futsal Indonesia, Coach Justin menyebut STY sudah cukup berhasil menggembleng skuad Garuda Indonesia.

Ya, walaupun sang pelatih belum bisa membawa pulang gelar Piala AFF sepanjang keikutsertaannya sebagai pelatih, namun eks pelatih Timnas Korea Selatan itu berhasil membawa skuad Garuda mentas di Piala Asia 2023. Selain itu, STY juga menurut Coach Justin sudah banyak mengubah skuad Garuda baik itu dari segi fisik maupun mental.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Coach Justin menekankan bermain di Piala Asia jauh lebih baik dibanding bermain di Piala AFF.

“Fans kardus teriak AFF, AFF. Singapura 4 kali menang AFF, enggak pernah maju ke Piala Asia,” terang Coach Justin dilansir dari kanal YouTube Maenmaen.

Coach Justin kembali menegaskan bahwa lolos grup, meskipun tak juara (Piala Asia) lebih berharga daripada 10 gelar Piala AFF.

“Makanya gue bilang kita kalau lolos grup, untuk gue valuenya lebih berharga daripada 10 Piala AFF,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment