Timnas Indonesia

Iwan Bule Petik Banyak Pelajaran Selama di Qatar, Modal Berharga Jelang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjadi satu dari banyak orang yang mendapatkan undangan untuk menyaksikan pertandingan langsung di Qatar. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh pria yang biasa disapa Iwan Bule itu. Dalam perjalanan singkatnya ke Qatar, Iwan mengambil banyak pelajaran berharga.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Iwan Bule berangkat menuju Qatar guna menyaksikan pertandingan Piala Dunia. Ia mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan secara langsung pertandingan paling bergengsi di muka bumi ini berkat undangan dari Presiden FIFA Gianni Infantino.

Sebelumnya, Gianni Infantino sempat berada di Indonesia ketika musibah yang kita kenal dengan Tragedi Kanjuruhan melanda. Bukan hanya dengan Iwan Bule, Gianni Infantino juga sempat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dalam acara G20 di Bali.

Nah, kesempatan berada di Qatar kemarin tak disia-siakan oleh Iriawan. Meski jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI tidak akan lama lagi, namun di sisa-sisa masanya itu, ia manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Jadi, di sela kunjungan ke Qatar kemarin, Iwan Bule sempat mengunjungi KBRI di Qatar. Di kantor pemerintahan milik Indonesia itu, Iriawan berjumpa dengan Ridwan Hassan selalu duta besar. Kesempatan pertemuan itu Iriawan manfaatkan sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Iriawan dan KBRI Qatar sepakat untuk melakukan pemetaan WNI yang bermain di Liga Qatar. Hal ini dimaksudkan agar PSSI dimudahkan untuk mencari pemain keturunan yang kompeten – dan memungkinkan bisa untuk dibawa ke .

“Bersama Bapak Dubes (Ridwan Hassan) saya berdiskusi soal peluang-peluang kolaborasi antara PSSI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Qatar, khususnya program pemetaan Warga Negara Indonesia atau keturunan Indonesia yang saat ini bermain sepak bola di Qatar,” ujar Iriawan.

“Saya mendapatkan informasi dari Bapak Dubes bahwa anak-anak atau keturunan Indonesia yang saat ini menggeluti sepak bola di Qatar. Bahkan ada anak Indonesia yang saat ini bermain di Liga 1 dan Liga 2-nya Qatar,” tambahnya lagi.

Namun, hal yang paling penting dan menjadi pelajaran berharga bagi Iwan Bule adalah menyaksikan langsung pertandingan Piala Dunia itu sendiri. Di sana, Iwan tidak hanya sebatas menonton pertandingan saja, tapi ia dapat mengamati dan menyaksikan langsung bagaimana cara Qatar melaksanakan tugasnya sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Iriawan berharap pelajaran berharga yang ia dapatkan di Qatar bisa ia terapkan di nanti. Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam even tersebut.

Dalam video yang diunggah di akun instagramnya, Iriawan memaparkan apa saja yang dilakukan tuan rumah Qatar di Piala Dunia ini. Di video tersebut, Iriawan menunjukkan dirinya – yang baru saja selesai menyaksikan pertandingan antara Timnas Iran Vs Timnas Inggris.

“Saya ingin tahu bagaimana pelaksanaan kegiatan yang ada di stadion ini. Saya melihat bagaimana steward bekerja, bagaimana polisi di sana juga bekerja. Bagaimana transportasi, hospitality lainnya,” ujarnya.

“Termasuk sirkulasi keluar masuk penonton. Baik masuk melalui gate kemudian tiketnya satu tiket. Kemudian satu aplikasi di handphone. Lalu dicek body check,” tambahnya lagi.

“Kemudian semua tas diperiksa. Sehingga tidak ada yang lolos barang-barang kira-kira yang akan berbahaya.”

“Demikian sirkulasi masuk keluar penonton. Ini pelajaran berharga bagi kita untuk bisa kita bawa ke kegiatan World Cup U-20 2023 Indonesia. Terima kasih,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid