Timnas Indonesia

Efek Asnawi, Pemain Jeonbuk Hyundai Motors Ini Ikut Pantau Liga 1



NOBARTV NEWS – Kedatangan Asnawi di Korea Selatan benar-benar mempunyai efek besar – bahkan bagi pemain asal negeri ginseng tersebut. Baru-baru ini, salah satu punggawa Jeonbuk Hyundai Motors Lee Sungyon mengaku mengikuti Liga Indonesia karena efek Asnawi.

Sebagaimana diketahui, Asnawi datang ke Korea Selatan sekitar dua tahunan yang lalu. Saat itu, Asnawi hijrah dari klub Liga 1 PSM Makassar ke klub Liga 2 Korea Selatan Ansan Greeners. Di Ansan, Asnawi membela klub tersebut selama dua musim.

Musim pertama dilalui Asnawi tidak begitu baik. Namun di musim keduanya, fullback sayap itu tampil gemilang. Bahkan, ia mampu menciptakan lebih dari satu gol sepanjang ia dimainkan. Jumlah gol tersebut walaupun sedikit tentu berefek besar baginya. Terlebih, Asnawi adalah seorang bek yang tugasnya menghalau serangan lawan. Bukan seorang pemain depan yang memiliki tugas untuk mencetak gol.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Oleh karenanya, penampilan Asnawi tersebut seringkali menjadi sorotan media Korea Selatan. Akun ofisial resmi K League ( Selatan) juga kerap memberitakan informasi terkait pemain yang satu ini. Entah itu dengan wawancara singkatnya atau dengan tayangan pendek pertandingan sang pemain.

Bahkan, ketika Asnawi pindah ke klub Korea Selatan lainnya yaitu Jeonnam Dragons, K League masih sering memberitakan pemain yang kini tengah membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 tersebut.

Menariknya, efek tersebut membuat Asnawi semakin dikenal banyak orang di Korea Selatan – bahkan oleh pemain asli negeri ginseng tersebut. Adalah Lee Sungyon, pemain muda yang kini tengah berada di Indonesia bersama klubnya Jeonbuk Hyundai Motors itu mengaku mengikuti kompetisi Liga 1 (Indonesia) berkat Asnawi. Diketahui, skuad Jeonbuk Hyundai saat ini sedang berada di Indonesia dalam rangka melakukan laga uji coba versus klub Liga 1 Persis Solo. Tadi malam, kedua tim tersebut bermain di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Sempat memimpin lebih dulu lewat striker muda Ramadhan Sananta, Persis harus mengakui kekalahannya dengan skor akhir 1-2 dari tamunya tersebut.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Sebenarnya saya waktu kecil tinggal di Indonesia, dan juga sekarang ada pemain Indonesia di Liga Korea, Asnawi di klub Jeonnam Dragons. Makanya karena dua faktor terebut buat saya sedikit tertarik untuk ikut Liga Indonesia,” ujar Lee Sungyon dilansir dari kanal YouTube Laskar Sambernyawa.

“Sejujurnya kalau nama klubnya saya kurang tahu. Mungkin nama Persis Solo pernah terkilas. Intinya saya tertarik mengenai Liga Indonesia,” tambah pemain yang berposisi sebagai winger itu.

“Saya pernah bermain melawan Asnawi dan Jeonnam. Pastinya saya sebagai orang yang pernah tinggal di Indonesia merasa lebih familiar dan punya daya tarik lebih ke Asnawi yang merupakan pemain Indonesia,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment