Timnas Indonesia

Shin Shang-gyu Ungkap Kondisi Skuad Timnas Indonesia Saat Ini: Fisik Dasar Sangat Kurang!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Fisik skuad Garuda Indonesia bikin geleng-geleng pelatih dan juga staf . Padahal, dalam waktu yang amat dekat ini, mereka akan memulai laga perdananya di 2022. Fisik menjadi salah satu aspek penting dalam sepak bola selain skill.

Salah satu staf Shin Tae-yong yakni Shin Sang-gyu mengungkapkan kondisi fisik Marc Klok dkk. Katanya, fisik skuad Timnas Indonesia sangat kurang sekali.

Melempemnya fisik Timnas Indonesia ini diduga kuat karena efek dari dihentikannya kompetisi . Diketahui, dua bulan sejak kejadian Tragedi Kanjuruhan, para pemain tidak pernah mendapatkan atmosfer pertandingan resmi. Mereka hanya berlatih sesekali bersama klubnya. Meski adapula yang mendapatkan kesempatan bermain di laga uji coba.

Hanya saja, mereka tidak pernah mendapatkan latihan yang serius – seserius ketika berkompetisi tengah berlangsung. Hal ini pun diyakini oleh Shin Sang-gyu sebagai alasan utama fisik mereka menjadi melemah. Sangat berbeda dengan para pemain abroad yang tetap mendapatkan kesempatan untuk bermain sehingga fisik mereka tidak terganggu sama sekali.

Baca Juga:  Head to Head Indonesia vs Yordania: Siapa Lebih Unggul?

Dalam keterangan yang ia sampaikan di kanal Youtube PSSI, pelatih fisik Timnas Indonesia itu mengatakan Marc Klok dkk tidak memiliki fisik dasar yang kuat. Bahkan, ia menekankannya dengan kata ‘sangat kurang.'

“Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur,” terangnya kepada YouTube PSSI.

Itulah alasan mengapa TC Garuda Indonesia yang seharusnya dimulai pada Desember namun ditarik jauh lebih cepat ke akhir November. Hal itu tak lepas dari keinginan para pelatih agar fisik mereka digodok lebih dalam lagi. Kata Shin, mempertahankan fisik dasar itu sangat susah. Sedangkan mereka (para pemain Timnas Indonesia di BRI Liga 1) terakhir kali mengikuti sesi latihan (bersama Shin Tae-yong) yakni ketika FIFA Matchday beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: 2 Opsi Skuad Garuda Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024

“Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin. Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain,” ujarnya menambahkan.

Kini, Shin Sang-gyu tengah difokuskan untuk mengembalikan fisik Marc Klok dkk.

“Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain. Seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, pemusatan latihan sebelumnya juga sama dengan pemusatan latihan sekarang.”

“Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina,” tutup eks pelatih fisik Seoul FC itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments