Timnas Indonesia

Bima Sakti Tukangi Timnas U-17 di Piala Dunia U-17, Asisten STY: Sangat Layak!



NOBARTV NEWS – Bima Sakti terpilih sebagai pelatih U-17 untuk 2023. Asisten STY Nova Arianto menyebut hal tersebut sebagai keputusan yang tepat.

Seperti yang diketahui, pada 10 Nopember hingga 2 Desember 2023 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17. Sebelumnya, Indonesia sudah pernah terpilih sebagai tuan rumah untuk ajang 2023.

Akan tetapi, even tersebut diputuskan batal dimainkan di Indonesia. Karena sesuatu dari lain hal, FIFA atau Federasi Sepakbola Dunia memutuskan untuk membatalkan Indonesia dan menggantikannya dengan Argentina. Akibatnya, skuad Garuda muda yang awalnya dipersiapkan untuk tampil di ajang tersebut dibubarkan. Persiapan matang dari segi infrastruktur pun juga menjadi sia-sia.

Tapi beruntungnya, FIFA ternyata masih memberikan kesempatan kedua bagi Indonesia. Pada Jumat (23/06) kemarin, FIFA memastikan Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 menggantikan Peru. Peru sendiri dinyatakan batal sebagai tuan rumah karena krisis ekonomi yang melanda negara tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Krisis tersebut membuat PSSI-nya Peru tak mampu menyiapkan infrastruktur yang memadai untuk menjadi tuan rumah. Oleh sebab itu, seperti yang disebutkan tadi, Indonesia yang awalnya dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 resmi menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-17. Terpilihnya Indonesia tak lepas dari kesiapan mereka dari segi infrastruktur.

Dan kemarin, dalam sesi konferensi persnya, PSSI mengumumkan bahwa Indonesia akan dilatih oleh Bima Sakti di Piala Dunia U-17. Bima terpilih karena dirinya masih dianggap layak untuk menukangi skuad Garuda Asia.

Akan tetapi, Bima tak akan sendirian. Ia akan dibantu oleh dua seniornya yakni Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. STY dan Indra akan membantu menyeleksi pemain di berbagai daerah. Nantinya, pemain pilihan STY dan Indra akan dibimbing oleh Bima Sakti dalam pemusatan latihan di luar negeri. Bahkan, tak hanya pemusatan latihan saja, para pemain Timnas Indonesia U-17 akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba melawan beberapa tim.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Adapun atas terpilihnya Bima Sakti tersebut, Nova Arianto selaku asisten STY menyebut hal tersebut sebagai keputusan yang sangat tepat dan layak.

“Saya rasa coach Bima sangat layak (pimpin Timnas Indonesia U-17,” kata Nova Arianto kepada MNC Portal Indonesia Minggu (25/06) kemarin.

“Karena selain mepetnya waktu persiapan, dia sudah mengenal karakter para pemain U-16 selama ini. Pastinya, sukses untuk Coach Bima,” tutup pria berkepala plontos itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment