Timnas Indonesia

Tumpas Turkmenistan 2-0, Indonesia Naik 3 Peringkat di Rangking FIFA

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS berhasil mengalahkan Turkmenistan dalam laga FIFA Matchday malam tadi. Kemenangan tersebut membuat skuad Garuda naik tiga peringkat di rangking FIFA.

Diketahui, pada malam hari tadi, bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, telah dilangsungkan laga FIFA Matchday antara skuad Garuda versus Timnas Turkmenistan. Laga melawan Turkmenistan merupakan pertandingan ke-lima skuad Garuda di ajang FIFA Matchday pada tahun 2023 ini.

Sebelumnya, pada bulan Maret lalu, anak asuh Shin Tae-yong itu berjumpa dengan Timnas Burundi sebanyak dua kali di Stadion Patriot Candrabhaga Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Dalam dua pertandingan tersebut, Marc Anthony Klok dkk menang satu kali (3-1) dan satu laga lainnya berakhir dengan hasil imbang (2-2).

Sementara di bulan Juni, anak asuh Shin Tae-yong itu berjumpa dengan Timnas Palestina dan Argentina. Di laga melawan tim asal timur tengah Palestina, skuad Garuda diimbangi dengan skor akhir 0-0. Sedangkan di laga melawan juara Argentina, mereka dikalahkan dengan skor akhir 0-2.

Baca Juga:  STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan

Namun untuk FIFA Matchday bulan September ini, skuad Garuda hanya memainkan satu pertandingan saja. Timnas Indonesia hanya dijadwalkan bertemu dengan Timnas Turkmenistan – yang diketahui memiliki peringkat lebih baik dibanding skuad Garuda.

Keputusan untuk memainkan satu pertandingan dikarenakan sang pelatih Shin Tae-yong tengah disibukkan dengan agenda lainnya. Diketahui, selain membesut skuad Garuda di FIFA Matchday September 2023, pria asal Korea Selatan itu juga menukangi Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi 2024.

Walaupun demikian, laga melawan Turkmenistan – yang akhirnya terselenggaranya tadi malam dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Timnas Indonesia. Bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo GBT Surabaya, Marc Klok dkk berhasil mengalahkan sang lawan dengan skor akhir 2-0.

Dua gol tersebut masing-masing dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri. Dendy mencetak gol lewat sepakan keras dari luar kotak penalti pada babak pertama. Adapun Egy, eks pemain Lechia Gdansk itu mengemas gol pamungkas Timnas Indonesia di penghujung babak kedua.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Netizen usai Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U23

Berkat kemenangan tersebut, posisi skuad Garuda di rangking FIFA dipastikan naik tiga peringkat. Sebelum laga, Timnas Indonesia berada di peringkat 150 dunia. Namun dengan kemenangan serta mendapatkan tambahan poin sebanyak 5,41. Kini, poin yang berhasil dikumpulkan Timnas Indonesia menjadi 1.052,87. Dengan demikian, kini – skuad Garuda berhak berada di peringkat 147 dunia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid