Profil Timnas India, Calon Lawan Timnas Indonesia dengan Full Skuad Lokal
Kapten Timnas , Sunil Chettri

NOBARTV NEWS – Dari ketiga calon lawan Indonesia di FIFA Matchday mendatang, menarik untuk melihat komposisi skuad Timnas . menjadi satu-satunya tim yang diisi oleh full skuad lokal.

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan 3 calon lawan Indonesia di FIFA Matchday yang akan dihelat pada bulan September mendatang. Selain India, dua tim lainnya adalah Timnas dan . merupakan tim asal Benua Asia dengan sub-konfederasi EAFF atau Asia Timur, sedangkan merupakan tim asal Benua Amerika Selatan yang tergabung dalam zona Concacaf.

Namun sayang, dari tiga calon lawan Indonesia itu, hanya Timnas yang memiliki kendala untuk datang ke Indonesia.

“Saat ini PSSI menjajaki ujicoba dengan negara Curacao, India, atau Hong Kong. PSSI terus berkomunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin, yang jadi salah satu syarat masuk Indonesia,” rilis resmi PSSI.

Timnas Indonesia sendiri hanya akan bertanding dua kali dan melawan dua dari tiga tim tersebut. Jika skuad maupun staf Curacao belum juga melakukan vaksinasi, maka besar kemungkinannya India dan yang akan menjadi lawan tanding Timnas Indonesia.

Berita Terkait:  Kalah Saing, Pelatih Ipswich Ingin Pinjamkan Elkan Baggott

Terlepas dari siapa yang akan menjadi lawan tandingnya, menarik sekali untuk mencermati kondisi skuad Timnas India. Ternyata, dari total 24 punggawa The Blue Tigers (julukan Timnas India) saat ini, seluruh pemainnya bermain di liga lokal atau Indian Super League.

Salah satu pemain yang paling berbahaya di sisi skuad India adalah sang striker dan juga kapten tim, Sunil Chhetri. Meski sudah tidak muda lagi (37 tahun), Sunil tetap dipercaya oleh pelatih Timnas India di berbagai kesempatan. Sunil tercatat sebagai pemain klub raksasa India, Bengaluru FC.

Sunil juga menjadi salah satu tulang punggung Timnas India ketika mengikuti Kualifikasi 2023 beberapa waktu lalu. Segrup dengan Timnas Hongkong, Kamboja, dan Afganistan di grup D, The Blue Tigers menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Dengan hasil tersebut, India lolos ke 2023 dengan statusnya sebagai juara grup – sedangkan Timnas Indonesia lolos sebagai salah satu runner-up terbaik dalam babak kualifikasi tersebut.

Timnas India disebut menjadi lawan yang tepat – karena keduanya bisa saja bertemu di 2023. Selain demi mengasah kemampuan jelang , India bisa jadi lawan yang – jika Indonesia menang, maka akan memperbaiki peringkat Garuda Nusantara di rangking FIFA.

Berita Terkait:  Tidak Masuk Kriteria Shin Tae-yong, Kai Boham Tetap Berhasrat Bela Timnas Indonesia

Saat ini, Timnas India bertengger di posisi 104 FIFA atau urutan ke-19 di zona AFC (Asia). Dengan demikian, kemenangan atas India akan mengubah peringkat Indonesia secara drastis.