3 Pemain Timnas U-19 yang Pernah Cicipi Kerasnya Liga Indonesia
Kakang Rudianto

NOBARTV NEWS – Dari 30 nama dan akan mengerucut menjadi 23, mayoritas pemain Timnas (untuk ) belum pernah merasakan bermain di kompetisi domestik – dalam hal ini Liga Indonesia.

Tercatat, hanya tiga pemain yang pernah merasakan kerasnya kompetisi tertinggi di Liga Indonesia itu. Ia adalah Kakang Rudianto (bek), Marselino Ferdinan (gelandang serang), dan Ronaldo Kwateh (sayap kanan).

1. Kakang Rudianto (Persib )

Memiliki postur hingga 1,83 meter, tubuh jangkung tersebut menjadi senjata utama Kakang Rudianto. Terlebih, posisi yang ia tempati adalah pemain belakang – sehingga postur tubuh yang dimilikinya amat bermanfaat baginya.

Kakang bergabung dengan Persib pada 15 September 2020 lalu. Selama membela klub ibu kota Jawa Barat itu, kakang telah turun sebanyak 6 kali masing-masing 3 kali di Liga Indonesia dan 3 kali di Piala Presiden. Menariknya, meski berposisi sebagai bek, Kakang telah mencetak masing-masing 1 gol di setiap kompetisi yang ia ikuti tersebut.

Kakang bahkan sempat mendapat kesempatan untuk berlatih dengan Timnas U-23 jelang beberapa waktu lalu.

Berita Terkait:  9 Pemain Akan Dicoret dari Pelatnas SEA Games 2021

2. Marselino Ferdinan ()

Pemain paling fenomenal di skuad Timnas U-19 adalah Marselino Ferdinan. Ia pernah membela Timnas U-23 hingga senior. Bahkan, Marselino Ferdinan turut membantu Timnas Indonesia U-23 finis di peringkat ketiga dalam ajang lalu. Ia mencetak dua gol sepanjang ajang yang diselenggarakan di Vietnam itu.

Di klubnya, , Marselino menjadi salah satu andalan sang pelatih Aji Santoso. Musim lalu Marselino tampil sebanyak 23 kali di kompetisi Liga Indonesia. Ia mencetak 4 gol dari 1.545 menit yang diberikan pelatih.

Pengalamannya bermain di kompetisi domestik sangat berharga jelang U-19.

3. Ronaldo Kwateh (Madura United)

Meski belum pernah mencatatkan gol bersama klubnya, namun pemain blasteran Indonesia – Liberia ini selalu mendapatkan kepercayaan Shin Tae-Yong. Sama halnya dengan Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh juga pernah mencicipi pertandingan bersama Timnas Indonesia U-23 dan senior. Ia juga menjadi bagian skuad Timnas U-23 dalam ajang .

Di ajang kemarin, Ronaldo menjadi satu-satunya pencetak gol Timnas Indonesia di waktu normal dalam perebutan tempat ketiga melawan Timnas .

Berita Terkait:  5 Prestasi STY Bersama Indonesia, Terbaru Bawa Garuda ke Piala Asia

Shin Tae-Yong mengaku puas dan kembali memberikan kepercayaan kepada Ronaldo Kwateh dalam ajang U-19 tahun ini.

Itulah sederet pemain Timnas U-19 yang pernah merasakan atmosfer bermain di Liga Indonesia. Semoga usai Piala AFF U-19 ini semakin banyak pemain Timnas U-19 yang direktur oleh klub-klub profesional untuk kemudian bermain di kompetisi tertinggi di liga yang diikutinya.