Peta Kekuatan Timnas Nepal, Tim Segrup Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023
Rohit Chand, salah satu punggawa yang saat ini membela

NOBARTV NEWS – Nepal akan menjadi lawan terakhir Indonesia di babak Kualifikasi Piala 2023. Meski tidak diunggulkan, Timnas Indonesia harus mewaspadai tim yang diisi oleh gelandang asing Persija, Rohit Chand.

Indonesia dan Nepal pernah bertemu sebanyak satu kali. Yakni di laga persahabatan yang digelar di Stadion Gejayana Malang. Kala itu, Timnas Indonesia sukses menumbangkan Nepal dengan skor 2 – 0. Dua gol Indonesia dicetak oleh Samsul Arif dan Hendro Siswanto.

Kini, keduanya tergabung di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Dua tim ini bertekad untuk memberikan kejutan kepada dua tim lainnya. Meskipun dua tim ini (Indonesia dan Nepal) terpaut jauh di dibandingkan Yordania dan , bukan berarti Timnas Indonesia dan Nepal dianggap remeh.

Baik Indonesia dan Nepal sama-sama berstatus sebagai runner-up di turnamen sebelumnya.

Timnas Indonesia takluk dari di babak final Piala 2020 kemarin. Sedangkan Nepal harus puas menempati posisi kedua dalam turnamen Piala SAFF 2021. Untuk Piala SAFF sendiri mengeluarkan Timnas India sebagai juaranya.

Dengan modal yang cukup meyakinkan, Nepal dan Indonesia diyakini akan memberikan permainan yang membuat repot dua tim asal Asia Barat tersebut. Semangat juang kedua tim tersebut tidak bisa dianggap remeh. Keduanya sama-sama memiliki modal serta motivasi kuat untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Lalu, bagaimana dengan peta kekuatan Timnas Nepal? Mampukah ia berbicara banyak di babak kualifikasi nanti?

Berdasarkan data dari laman resmi FIFA, Nepal menjadi tim terlemah dengan peringkat terbawah di grup A. Mereka menempati posisi 167 atau tujuh tingkat di bawah Timnas Indonesia.

Total nilai pasaran skuadnya pun hanya 25,38 miliar. Skuad Nepal memiliki rata-rata pemain berusia 24,6 tahun. Hanya satu pemain Nepal yang saat ini berkarir di luar negeri.

Sejauh ini, Nepal tidak tampil maksimal dalam lima laga terakhirnya. Nepal harus mengakui kekalahan dari India sebanyak dua kali. Nepal juga bermain imbang dengan Bangladesh dan dua kali menang atas Timnas Mauritius.

Timnas Mauritius adalah tim lemah dengan rangking 176 FIFA. Atas dasar itulah, Nepal diprediksi tidak bisa berbuat banyak dalam babak kualifikasi nanti. Meskipun ia berhasil mengalahkan Timnas Mauritius dua kali berturut-turut.

Nepal memiliki satu pemain yang berkarir di luar negeri. Ia adalah Rohit Chand. Rohit saat ini tercatat sebagai pemain Persija Jakarta, salah satu klub yang berkompetisi di .

Setelah Kualifikasi Piala Asia kemarin, akun instagram Rohit diserbu oleh netizen Indonesia.

“Om jangan galak galak ye pas lawan Indo ngalah aja, tapi kalo lawan Jordan sama Kuwait seri aja ye,” tulis salah satu netizen.

Berdasarkan peta kekuatan tersebut, Nepal diprediksi akan menjadi bulan-bulanan oleh tiga tim lainnya. Namun, bukan berarti tim-tim lain pantas untuk meremehkannya.

The Gorkhalis – julukan Timnas Nepal siap memberikan kejutan di kualifikasi Piala Asia nanti.