Dilumat Korea Selatan, Kiper Timnas Indonesia U-19 Ungkap Alasannya
Kiper timnas , Erlangga Setyo

NOBARTV NEWS – Timnas dilumat habis Selatan U-19 tujuh gol tanpa balas. Kiper Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo membeberkan alasannya. Menurutnya, pressing tinggi Korea Selatan menjadi penyebab Timnas muda Indonesia gagal melancarkan serangannya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 juga menelan pil pahit ketika berhadapan dengan di laga perdana uji coba di Korea Selatan. Saat itu, takluk dengan skor 5 – 1. Faktor cuaca menjadi alasan dikalahkan muda kala itu, tutur salah satu pemain Indonesia, .

Kini, pressing tinggi menjadi alasan utama dikalahkannya Timnas Indonesia.

Sejatinya, Timnas Indonesia bukan tanpa perlawanan. Di menit-menit awal babak pertama, muda asuhan Shin Tae-Yong itu mampu merepotkan lini belakang Korea Selatan.

Namun, menjelang menit ke-20, Korea Selatan mampu mencetak gol pertamanya pada laga tersebut. Sejak saat itu, Kwateh dkk sulit menerapkan serangan. Bahkan, tuan justru menambah keunggulannya. Hingga babak kedua berakhir, selusin gol lebih bersarang ke gawang Indonesia.

“Intensitasnya cukup tinggi, apalagi dia menit awal langsung press ke atas tadi, apalagi bola saat dipegang saya belum ada opsi, jadi harus banyak belajar lagi saat latihan, yang pasti kita ambil hal baiknya dari laga tadi,” ujar kiper Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo.

Sebelumnya, Shin Tae-Yong sengaja membawa Garuda muda ke Korea Selatan untuk mengasah dua hal. Pertama fisik dan kedua adalah mentalitas.

Dua hal ini menjadi problem utama Timnas Indonesia. Jika dua hal tersebut sudah diatasi, maka kita patut berharap kepada Timnas Indonesia U-19 untuk tampil memuaskan di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Maka, dipilihlah Korea Selatan sebagai tempat pemusatan latihan. Menurut Shin Tae-Yong, Korea Selatan adalah tempat yang tepat untuk mengasah dua hal tersebut.

“Ya, terutama fisik dasar kita harus dibenahi lagi, harus ditambah lagi, kemudian juga. Organisasi seluruh tim, taktik, dan teknik seluruh tim juga harus dibenahi lagi,” tambah Erlangga.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan berhadapan lagi dengan Korea Selatan. Semoga Timnas Indonesia U-19 bisa belajar dari kesalahan kemarin, serta memberikan hasil yang jauh lebih baik di laga nanti.