5 Pemain Muda yang Harus Pindah demi Masa Depan Timnas Indonesia
Bagas Kaffa bermain untuk Barito Putera

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia tidak pernah kehabisan bakat alami dalam hal sepak bola. Namun sayang, kebanyakan dari mereka tampil apik di usia muda, lalu layu sebelum waktunya mekar.

Kita semua masih ingat betul dengan muda Indonesia ketika menghancurkan Korea Selatan di stadion Utama Gelora Bung Karno. saat itu mencetak hattrick ke gawang Korea Selatan. Seluruh penjuru negeri ini memberitakannya. Puja puji kepada bintang muda tak berhenti. Namun, apa yang terjadi di kemudian hari?

Evan Dimas kini bermain di klub Indonesia di usia yang sudah menginjak 27 tahun. Lalu, di mana pemain yang sempat mereka habisi waktu itu?

Adalah Hwang Hee-chan. yang sempat kesulitan bermain dalam kondisi lapangan becek itu kini bermain di kasta tertinggi Liga Premier Inggris. Hwang Hee-chan didatangkan Wolverhampton Wanderers dari RB Leipzig. Hwang juga pernah membela beberapa klub besar seperti RB Salzburg hingga hamburger SV.

Sangat kontras sekali, bukan?

Maka daripada itu, skuad muda yang saat ini tengah bermain di Liga Indonesia sudah waktunya hengkang – demi memperbaiki kualitasnya. Sebab, mau tidak mau, sepak bola Eropa jauh di atas kompetisi dalam negeri.

Lalu, siapa saja pemain muda saat ini yang berpotensi untuk menjadi bintang di masa depan Timnas Indonesia? Tentu, dengan syarat ia segera mengambil keputusan untuk pindah ke kompetisi (Liga) yang lebih baik.

1. Marselino Ferdinan

Marselino sudah waktunya mengikuti jejak dan beberapa pemain lainnya. Meski usianya masih sangat muda, justru ia harus hengkang demi mendapatkan pengalaman di luar sana.

Bisa dibayangkan, saat ini saja Marselino Ferdinan selalu dipanggil oleh Shin Tae-Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Bagaimana kelak jika ia bermain di liga top Eropa?

2. Bagas Kaffa

Berbeda dengan kembarannya, Bagas Kaffa masih nyaman bermain dengan Barito Putera di BRI .

Meski berusia muda, Bagas mampu mengunci posisi bek sayap Barito Putera sehingga posisinya sulit untuk digantikan.

3. Alfriyanto Nico

Sejauh ini, pemain muda Persija Jakarta itu telah mencetak 3 gol di kompetisi domestik BRI Liga 1. Sebuah pencapaian yang baik untuk ukuran pemain muda dengan posisi gelandang.

Di usia yang baru menginjak 18 tahun, Nico layak untuk mencari pengalaman di luar negeri.

4. Beckham Putra

Musim ini menjadi milik Beckham Putra bersama Persib Bandung. Sebab, ia cukup sering diturunkan oleh pelatihnya. Ia pun cukup mudah beradaptasi ketika bermain dengan pemain yang jauh lebih senior.

Kabar baiknya, Beckham sukses membayar kepercayaan yang diberikan pelatih kepadanya.

5. Alfeandra

Alfeandra Dewangga sempat digosipkan untuk mengikuti rekannya, ke Liga Jepang.

Sayang, kabar itu hanya sebuah gosip belaka. Namun yang pasti, CEO , siap membantu kepergian Dewangga – asal, bek Timnas Indonesia itu bermain di klub Jepang, Korea, atau di benua Eropa.

Dewangga sudah mendapatkan lampu hijau dari manajemen klubnya. Sekarang, tinggal menunggu momen yang tepat saja.