Harga Hak Siar Selangit, Warga Vietnam Terancam Tak Bisa Nikmati Siaran Piala Dunia 2022
FIFA Word Cup 2022

NOBARTV NEWS –  yang notabene adalah salah satu kuat dalam hal di Tenggara terancam tak bisa menyaksikan siaran langsung gelaran , pasalnya sejauh ini belum ada kesepakatan soal 2022 di negara mereka.

Meski baru digelar November nanti, magnet sudah sangat terasa kini. Tiap negara pun telah sepakat untuk mendapatkan hak siarnya di November mendatang. Namun pihak Vietnam menilai Harga 2022 cukup mahal sehingga belum menemui kata sepakat untuk menyiarkan ajang ini.

Harga Hak Siar Piala Dunia Selangit

Gelaran akbar sepak bola dunia itu terancam tak bisa disaksikan oleh orang-orang di Vietnam. Media Vietnam, , memberitakan bahwa sekarang para pencinta sepak bola di Vietnam sedang sangat prihatin dengan 2022.

Dikabarkan sejauh ini belum ada pihak broadcasting di Vietnam yang memberanikan diri untuk mengambil hak siar Piala Dunia karena harganya terlalu tinggi.

Berita Terkait:  Jerman vs Jepang: Prediksi Kekuatan Lini Tengah Kedua Negara di Grup E Piala Dunia 2022

Menurut informasi yang didapat, harga untuk hak siar di Vietnam adalah sebesar 15 juta USD, setara dengan lebih dari 350 miliar Dong, atau sekitar Rp 223 miliar. Total, ada 64 laga, maka setiap pertandingan memiliki perkiraan harga sekitar Rp 3,5 miliar.

“Tidak hanya itu, hak siar Piala Dunia 2022 dimiliki oleh Federasi Sepak Bola Dunia [FIFA], sehingga FIFA juga membuat sejumlah persyaratan bagi pemegang hak siar seperti harus menyiarkan upacara pembukaan dan penutupan,” tulis .

Lebih lanjut, laporan itu menyatakan bahwa tidak mungkin ada media di Vietnam yang sanggup membayar harga hak siar Piala Dunia 2022 sendirian. Solusinya, mungkin media-media di Vietnam harus bersatu dan patungan.

Pihak Broadcasting Vietnam Lakukan Negosiasi

Kabar miring tentang hak siar Piala Dunia tak diambil oleh pihak broadcasting di Vietnam nampaknya masih sekedar , beberapa pihak sejauh ini masih melakukan negosiasi dan belum menemui kata sepakat.

Hal ini pernah terjadi sebelumnya dimana Vietnam juga nyaris tak menyiarkan Piala Dunia 2018. Kala itu, stasiun televisi Vietnam, VTV, mengalami kesulitan dalam proses negosiasi karena harga hak siar kelewat tinggi.

Berita Terkait:  Spanyol vs Kosta Rika: Bedah Kekuatan Lini Serang Kedua Negara di Grup E Piala Dunia 2022

Namun di hari-hari terakhir, sejumlah unit domestik membantu VTV sehingga berhasil mengambil hak siar Piala Dunia. Sedihnya, harga yang dibayarkan VTV waktu itu tidak balik modal, malah mengalami kerugian sekitar 90%.