Resmi : Tokyo Verdy Tolak Pulangkan Arhan ke Timnas Indonesia U-23
Pratama Arhan

NOBARTV NEWS – Pratama Arhan tidak diberikan izin untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini disebabkan oleh klubnya, Tokyo yang akan menggunakan jasanya dalam waktu dekat ini.

Dijadwalkan, Arhan akan melakoni debutnya pada tanggal 4 Mei mendatang – di mana laga tersebut akan disaksikan oleh banyak penggemar asal Indonesia.

Sebelumnya, pihak klub telah membuat pengumuman bahwasanya akan membagikan tiket secara gratis kepada para penggemar asal Indonesia. Dengan demikian, Arhan akan menyusul Baggott dan Ramdani sebagai pemain yang tidak akan tampil untuk event dua tahunan itu.

Dalam laga debutnya tersebut, Verdy akan menjamu Vegalta Sendai dalam lanjutan J2 League.

Hal ini dibenarkan oleh Sekjen PSSI setelah menghubungi pihak klub. Yunus mengatakan pemain 20 tahun itu tidak diberikan izin untuk meninggalkan klub.

“Untuk Pratama Arhan dipastikan tidak akan membela Timnas U-23,” ujar Yunus Nusi beberapa waktu lalu.

Tokyo Verdy memiliki alasan kuat di balik keputusannya menahan sang pemain. Apalagi ini ‘hanyalah’ agenda yang tercatat di Asia Tenggara saja dan tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA.

Sehingga pihak klub memiliki alasan kuat untuk menolak jika (klub) sedang membutuhkan jasanya. Absennya Pratama Arhan juga menguntungkan bagi pemain yang berposisi serupa dengannya.

Dengan absennya pemain asal Blora itu, Shin Tae-Yong tentunya akan memainkan bek sayap terbaiknya selain dirinya (Arhan). Hal ini menguntungkan bagi pemain yang akan melakoni debutnya untuk Timnas U-23.

Sebelumnya, Arhan telah dipanggil oleh PSSI bersamaan dengan 28 pemain lainnya untuk mengikuti Pelatnas jelang SEA Games 2021. Namun hingga hari keberangkatan menuju Selatan, hanya 20 pemain yang resmi berangkat.

20 pemain Timnas U-23 tersebut ditambah dengan lima pemain baru yang berasal dari Timnas U-19 – yang telah mengikuti pemusatan latihan di pada waktu sebelumnya.

Saat ini 25 nama pemain yang sedang berlatih itu hampir dipastikan akan diperkuat oleh 3 pemain abroad lainnya. Mereka adalah Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam Bahar.

Di SEA Games 2021, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan juara bertahan sekaligus tuan rumah Vietnam di laga perdananya. Selain Vietnam, Indonesia juga akan melawan timnas , Timor Leste, dan Myanmar yang tergabung di grup A.

PSSI ingin Indonesia meraih gelar untuk event kali ini. Jika sukses meraih gelar, maka ini bisa menjadi penyemangat bagi Timnas Indonesia sebelum laga penting yang akan datang. Timnas Indonesia akan kembali menghadapi laga sulit yakni Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Timnas Yordania, Kuwait, dan Timnas .