Terungkap! Berikut Alasan Media Vietnam Kerapkali Memberitakan Timnas Indonesia
Skuad Timnas Indonesia U-23

NOBARTV NEWS – Untuk urusan sepak bola, Indonesia terkenal dengan fanatisme suporternya yang luar biasa. Bukan hanya di level tim nasional saja, klub-klub yang berlaga di juga memiliki suporter yang cukup kompleks dan menarik untuk ditunggu kehadirannya di .

Untuk level klub, suporter boleh dibilang sebagai suporter kreatif karena kerap kali melakukan atraksi di pinggir lapangan.

Koreografi yang ditunjukkan oleh Slemania pernah membuat salah satu media luar negeri memberitakannya.

Apalagi untuk urusan tim nasional. Memiliki penduduk hingga ratusan juta jiwa, maka tidak heran jika Timnas Indonesia memiliki pendukung yang begitu banyak. Berbagai latar belakang dan juga asal usulnya.

Hal ini membuat banyak media luar, termasuk Vietnam seringkali memberitakannya.

Terhitung, ada tiga media asal Vietnam yang rutin memberitakan Timnas Indonesia. Terlebih saat ini sedang dilaksanakan di sana (Vietnam), maka pemberitaan tentang Shin Tae-Yong dan anak asuhnya lebih sering dilakukan. Tiga media yang dimaksud adalah Bongda, , dan Zing.

Tiga media tersebut seringkali memberitakan terkait Timnas Indonesia. Salah satu media tersebut yakni Soha.vn menceritakan alasannya kerapkali memberitakan tentang Timnas Indonesia kepada salah satu jurnalis bola.com.

Kepada jurnalis tersebut, Phong Nguyen (jurnalis soha.vn) mengemukakan alasannya. Setidaknya, ada dua alasan yang melatarbelakanginya. Pertama, Vietnam dan Indonesia sama-sama memiliki penggemar sepak bola yang banyak. Kedua, kekuatan kedua tersebut berimbang sehingga rivalitas keduanya layak untuk diberitakan.

“Saya pikir jawabnya cukup mudah. Baik Vietnam maupun Indonesia punya penggemar yang menyukai sepak bola. Di Asean, kedua negara tersebut adalah tim kuat yang memiliki historisnya masing-masing dan bertautan satu sama lain,” jelas Phong Nguyen.

Alasan lainnya adalah faktor Shin Tae-Yong. Sejak ditangani pelatih berkebangsaan itu, Timnas Indonesia cukup dikenal bukan hanya di level Tenggara saja melainkan Asia secara umumnya. Di dan Selatan, nama Timnas Indonesia sudah tidak asing karena faktor Shin Tae-Yong.

Masih menurut Phong Nguyen, Timnas Indonesia adalah tim yang layak ditonton. Baginya, permainan Timnas Indonesia unik dan kerap mengandalkan permainan fisik.

“Bagi saya, Timnas Indonesia U-23 selalu layak ditonton. Mereka adalah tim yang kuat di Asean. Dengan gaya permainan yang unik, kekuatan fisik yang baik, kecepatan dedikasi yang baik,” tutup jurnalis asal Vietnam itu.