Para Pemain PSG Melakukan Selebrasi Atas Gol Messi ke Gawang Lens
Para Pemain Melakukan Selebrasi Atas Gol Messi ke Gawang

NOBARTV NEWS – Tim bertabur bintang Paris Saint-Germain akhirnya berhasil menyegel gelar juara Ligue 1 Prancis musim 2021/2022, kepastian itu di dapat setelah hasil imbang yang di raih Messi dan kolega saat menghadapi Lens pada Sabtu (24/4) dengan skor 1-1 di Parc des Prince.

Tembakan dari luar kotak penalti membawa Paris Saint-Germain (PSG) unggul di menit ke-68, sebelum akhirnya gol penyeimbang lahir dari pemain Lens Corentin Jean pada menit 88. Sejatinya jelang laga kontra Lens, PSG hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk mengunci gelar juara musim ini.

Untuk itu meskipun hanya bermain imbang melawan Lens itu sudah cukup membawa PSG untuk memastikan diri keluar sebagai juara Ligue 1 musim in. Hingga pekan ke-34 PSG telah mengumpulkan 78 poin dari 34 pertandingan. Perolehan poin PSG sudah tak bisa dikejar oleh peringkat 2 Marseille (62 poin), yang masih akan memainkan laga tandang kontra , pada Senin 25 April 2022.

Jalannya Pertandingan

Memasuki paruh pertama, PSG langsung bermain ngotot dengan mengandalkan trio mematikan mereka, di menit ke-23, melepaskan tendangan kaki kanan dari kotak penalti. Namun bola hasil tendangannya masih melebar. Dua menit kemudian, Achraf Hakimi nyaris membuka skor untuk PSG. Tapi upayanya masih bisa diselamatkan oleh kiper lawan.

Tim tamu sempat mendapatkan peluang pada menit 38. Tapi usaha dari Jonathan Claus masih bisa diamankan oleh kiper. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Memasuki paruh kedua, PSG terus mencari celah di pertahanan Lens yang tampil cukup baik. Di menit 52, Kylian punya peluang emas untuk mencetak gol. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan, Mbappe gagal memanfaatkan peluang. Bola mental masih bisa disambut dengan tendangan voli, tapi lagi-lagi diblok oleh bek Lens.

Menit 58, Lens harus bermain dengan 10 pemain, usai Kevin Danso mendapatkan kartu kuning kedua. Messi yang mengambil tendangan bebas nyaris saja mencetak gol. Tapi kiper Jean-Louis Leca tampil gemilang dan memblok bola tendangan Messi.

Keunggulan jumlah pemain akhirnya mampu dimanfaatkan oleh skuad asuhan Mauricio Pochettino. Messi berhasil memecahkan kebuntuan melalui tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang tak mampu dihalau oleh Leca pada menit 68. Kedudukan berubah 1-0 untuk keunggulan PSG.

Keasyikan menyerang, PSG lengah dalam bertahan. Corentin Jeans membuat Lens menyamakan kedudukan, setelah memanfaatkan umpan dari Deiver Machado pada meniat 87. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai.

PSG Samai Saint-Etienne Dengan Perolehan 10 Gelar

Dengan raihan gelar di musim 2021/2022 PSG berhasil menyamai perolehan gelar Saint-Etienne yaitu 10 Gelar, PSG sebelumnya telah sembilan kali menjuarai Ligue 1 yaitu pada musim 1985/86, 1993/94, 2012/13, 2013/14, 2014/15, 2015/16, 2017/18, 2018/19, dan 2019/20.

Kini mereka sejajar dengan Saint-Etienne sebagai tim dengan gelar Ligue 1 terbanyak. Masing-masing telah juara sepuluh kali. Berikut kami lampirkan daftar pemegang gelar Ligue 1 Prancis.

Daftar Perolehan Gelar Juara Ligue 1

  • 10 Gelar – PSG, Saint-Etienne
  • 9 Gelar – Marseille
  • 8 Gelar – Monaco, Nantes
  • 7 Gelar –
  • 6 Gelar – , Reims
  • 4 Gelar – Lille, Nice
  • 2 Gelar – Sochaux, Sete
  • 1 Gelar – Lens, RC Paris, Olympique Lillois, , Roubaix-Tourcoing, Auxerre, Montpellier.