Kabar Gembira, FIFA Sepakati Tiap Kontestan Bawa 26 Pemain ke Piala Dunia Qatar 2022
Sepakati Tiap Kontestan Bawa 26 Pemain ke Qatar

NOBARTV NEWS – Kabar baik datang jelang putaran yang akan berlangsung di Qatar November mendatang. Badan tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dipastikan menyepakati batas maksimal jumlah pemain untuk satu tim pada ajang Piala Dunia 2022 menjadi 26 pemain.

Aturan baru itu tercetus usai Dewan FIFA yang terdiri dari Presiden FIFA dan enam presiden konfederasi melakukan pertemuan membahas tentang syarat dan aturan jelang Piala Dunia 2022, pertemuan tersebut berlangsung pada Kamis 23 Juni 2022.

Dengan di berlakukan aturan tersebut maka tiap skuad bisa melakukan penambahan pemain dari edisi-edisi sebelumnya, yakni hanya 23 pemain menjadi 26 pemain. Selanjutnya, 15 pemain cadangan juga bisa didaftarkan.

Dasar FIFA Sepakati Kebijakan Tersebut

Amandemen peraturan baru ini dikeluarkan FIFA bertujuan untuk mempertahankan fleksibilitas di balik padatnya Piala Dunia 2022. Dalam konteks lebih luas, ini untuk mengantisipasi efek pandemi Covid-19.

Alasan mendasar FIFA untuk melakukan perubahan adalah waktu turnamen yang tidak biasa dan adanya dampak pandemi Covid-19 terhadap tim saat perhelatan Piala Dunia di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember.

“Jumlah pemain yang bisa dimasukkan dalam daftar final telah ditingkatkan menjadi setidaknya 23 dan maksimal 26,” kata FIFA dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Kamis.

“Tidak lebih dari 26 orang (sehingga 15 pemain pengganti dan 11 ofisial tim) akan diizinkan duduk di bangku cadangan tim.”

UEFA mengambil keputusan serupa tahun lalu yang memungkinkan tim memilih tiga pemain tambahan untuk Piala karena alasan pandemi.

Poin-poin dalam Aturan Terbaru

Jumlah maksimum pemain dalam daftar rilis telah ditingkatkan dari 35 menjadi 55.

Jumlah pemain yang akan dimasukkan dalam daftar final telah ditingkatkan menjadi setidaknya 23 dan maksimal 26.

Pertandingan terakhir di level klub untuk 23 hingga 26 pemain yang dinominasikan dalam daftar final adalah 13 November 2022.

Tidak lebih dari 26 orang (hingga 15 pemain pengganti dan 11 ofisial tim– satu ofisial ini harus dokter tim) akan diizinkan duduk di bangku cadangan tim.

Untuk melakukan pendaftaran, setiap tim yang berpartisipasi harus memasukan nama skuad mereka pada 20 Oktober, 30 hari sebelum pertandingan pertama dimulai. Senegal vs Belanda akan menjadi partai perdana di Al Thumama, 21 November mendatang.