Gilas Filipina 5 - 1, Garuda Muda Tempel Ketat Vietnam & Thailand
vs Filipina

NOBARTV NEWS – Garuda muda sukses mendulang poin penuh di matchday ke-empat Piala AFF U-19. Melawan The Young Azkals (julukan Timnas Filipina), Garuda muda cetak 5 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Patriot, Candabraga Bekasi itu, Timnas Indonesia lebih dulu mencetak gol lewat titik putih. Rabbani Tasnim yang menggantikan posisi Hokky Caraka di lini depan sukses mencetak gol pertamanya dalam turnamen ini. Rabbani Tasnim kembali mencetak dua gol lainnya – dan menjadikan dirinya hattrick dalam laga tersebut. Dua gol Garuda muda lainnya berasal dari Alfriyanto Nico Saputro dan Razzaa Fachrezi Aziz. Sedangkan satu gol muda berasal dari sepakan keras Frias.

Hal menarik dari laga semalam adalah absennya beberapa pemain inti yang biasa digunakan di laga sebelumnya. Hokky Caraka, Kwateh, hingga Kakang Rudianto tidak masuk dalam daftar starting line up.

Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong sengaja melakukan rotasi sedemikian rupa demi mengantisipasi fisik para anak asuhnya. Sebab, dua hari berikutnya (besok malam), Garuda muda akan kembali memainkan laga pamungkasnya di Piala AFF U-19.

Berita Terkait:  4 Alasan Garuda Muda Diunggulkan Juarai Piala AFF U-16

“Antisipasi fisik untuk laga berikutnya, jadi hampir semua starting diganti. Untuk semua pemain hari ini bekerja keras, saya ucapkan terima kasih,” ujar Shin Tae-Yong.

“Jadi seperti apa yang dilihat di lapangan cuaca sangat panas, dan bermain dalam dua hari sekali itu berbahaya. Seharusnya 3-4 hari sekali itu sangat baik untuk meningkatkan performa. Suhu 28-30 derajat juga membuat pemain menderita,” tambah asal Selatan itu.

Shin Tae-Yong mengaku jika semua tim (kontestan Piala AFF U-19) sama susahnya dengan format turnamen yang amat padat.

“Semua tim di turnamen ini keadaannya sama, susah dan sulit. Itu yang sedang kami adaptasi,” tutup Shin.

Kemenangan tersebut membuat merengsek ke posisi ketiga klasemen sementara . Garuda muda tempel ketat dan Thailand yang di laga sebelumnya juga meraih kemenangan. dan Thailand masing-masing berada di posisi satu dan dua dengan raihan poin sama yakni 10. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 dengan poin 8.

Berita Terkait:  Indonesia VS Timor Leste Diundur, Shin Tae Yong: Jadwal Timnas Harusnya Lebih Jelas

yang sebelumnya berada di posisi ketiga terlempar ke posisi empat dengan raihan 6 poin. Timnas Filipina dan Brunei paling merana. Dari seluruh laga yang sudah dijalani keduanya, mereka selalu kalah dari lawan-lawannya.

Di laga terakhirnya, muda akan berhadapan dengan yang sudah dipastikan gugur dari turnamen ini. Asalkan menang atas Myanmar, Timnas Indonesia U-19 dipastikan lolos ke babak berikutnya (semifinal) – entah itu Thailand menang (di laga terakhirnya), menang, atau keduanya bermain imbang.