Donnie Leahy, Striker Berdarah Indonesia - Amerika yang Ingin Bela Timnas Indonesia
Donnie Leahy

NOBARTV NEWS – Jordy Wehrmann resmi menolak pinangan Indonesia. Selain Wehrmann, ada satu pemain lainnya yang juga terlebih dahulu menolak untuk bergabung bersama Indonesia. Dia adalah kiper Italia kelahiran Lombok, Nusa Tenggara Barat, .

Saat ini Emil berstatus sebagai penjaga gawang klub kasta tertinggi , Sampdoria. Meski mengalami musim yang tidak cukup baik dikarenakan kalah bersaing oleh salah satu penjaga gawang Sampdoria, namun PSSI tetap memutuskan untuk menggaet sang pemain.

Namun sayang, Emil tidak memberikan keputusan apakah ia berhasrat untuk membela tanah kelahiran ayahnya atau tidak. Sedangkan untuk Jordy Wehrmann, pemain tersebut secara resmi telah mengatakannya kepada , .

Usai ditolak Jordy Wehrmann, sebetulnya masih banyak pemain lainnya yang berkeinginan untuk membela tanah air Indonesia.

Adalah Donnie Leahy. Striker asal Amerika Serikat ini mengaku memiliki kewarganegaraan ganda Indonesia – Amerika Serikat. Meski memiliki kewarganegaraan ganda, ia berharap suatu saat nanti membela .

Apalagi, ia berstatus sebagai seorang striker yang di mana Shin Tae-Yong maupun PSSI tidak memprioritaskan untuk menaturalisasi pemain dengan posisi tersebut. Padahal, penggemar Timnas Indonesia sangat berharap agar PSSI mendatangkan pemain dengan posisi tersebut.

Saat ini Donnie memang berstatus sebagai pemain universitas, bukan pemain profesional.

Donnie Leahy mengaku lahir di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada usia 6 tahun, dia mengikuti ayahnya untuk pindah ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Di sana, ia menemukan bakat alaminya sebagai seorang pesepakbola.

“Saya memiliki kewarganegaraan ganda untuk Amerika dan Indonesia. Saya lahir di Banyuwangi. Kemudian pindah ke Amerika pada usia 6 tahun. Ibu saya orang Indonesia dan ayah saya orang Amerika,” ujar Donnie Leahy.

“Sepak bola di Amerika terasa sangat berbeda di sini. Semuanya di sini didasarkan pada uang dan status sehingga sulit untuk diperhatikan,” tambahnya.

“Untungnya saya bermain bagus di sekolah menengah dan menjadi 3 kali MVP untuk sekolah saya serta mendapatkan satu kali penyerang terbaik di 2019,” tutupnya Donnie Leahy.

Saat ini PSSI tengah berusaha untuk merampungkan proses 3 pemain naturalisasi. Mereka adalah , Jordi Amat, dan Shayne . Ketiga pemain tersebut diprediksi akan segera membela Indonesia.

Dengan lowongnya posisi pemain yang ingin dinaturalisasi (karena Jordy Wehrmann menolak), Donnie Leahy bisa menjadi solusi untuk lini depan Timnas Indonesia di masa mendatang.