Live Streaming FC Porto vs Lyon, Leg Pertama Babak 16 Besar Europa League (UEL)
, Leg Pertama Babak 16 Besar Europa League (UEL)

NOBARTV NEWS –  siap melawan Lyon dalam Leg pertama babak 16 besar Europa League (UEL), laga kedua tim akan dihelat di Stadion Dragao (Portugal), pada Kamis 10 2022 pukul 00.45 WIB.

Berlaku sebagai tuan rumah FC jelas lebih diunggulkan dalam laga nanti, namun tim tamu Lyon siap memberikan perlawanan ketat, mampukah tuan rumah mengamankan laga kandang ini, atau sebaliknya Lyon akan mencuri kemenangan di laga tandang mereka.

FC Porto melangkah ke babak 16 besar UEL 2021/2022 setelah pada fase play off berhasil menyingkirkan wakil Italia, dengan skor agregat 4-3. Di mana saat memainkan leg pertama, Pepe dan kawan-kawan berhasil memetik kemenangan tipis 2-1 atas Lazio. Dan selanjutnya ketika bermain away ke Stadion Olimpico Roma, Porto berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2.

Dalam laga dini hari nanti Porto kemungkinan tetap mengandalkan skema serangan melalui umpan panjang dan crossing. Sepanjang gelaran playoff UEL lalu, mereka selalu menerapkan strategi tersebut. Catatan 142 long pass dan 27 crossing per pertandingan, menjadi bukti dominasi Porto dalam serangan udara.

Musim ini Porto memang baru tampil 2 kali di ajang UEL. Akan tetapi kualitas tim raksasa Portugal tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk urusan mencetak gol, mereka punya banyak striker dengan kualitas di atas rata-rata. Sebut saja seperti Mehdi Taremi, Evanilson, dan Pepe Aquino. Porto juga tidak kekurangan pemain yang sanggup menyuplai bola kepada para penyerangnya. Otavio, Fabio Vieira, dan Vitinha adalah beberapa pemain kunci di lini tengah, yang kerap menyodorkan umpan matang.

Di laga dini hari nanti mereka kedatangan wakil Lyon, yang merupakan salah satu peserta langsung dari fase UEL. Di fase tersebut Lyon berhasil menduduki tangga teratas klasemen Grup A, dengan raihan 16 poin. Dalam 6 laga yang dilakoni, Lyon berhasil membukukan 5 kemenangan, 1 imbang, dan tak pernah menderita kekalahan.

Lyon diprediksi akan meladeni skema lawan dengan pola operan pendek. Berbekal formasi 4-2-3-1, Peter Bosz bisa memanfaatkan kreativitas pada gelandangnya. Skema ini kerap berujung dengan umpan terobosan kepada penyerang tengah.

Untuk urusan through pass, Peter tidak perlu khawatir. Ia memiliki segudang pemain tengah dengan kemampuan operan mumpuni. Sebut saja Lucas Paqueta, Rayan Cherki, dan Houssem Aouar. Ketiganya mencatatkan rasio umpan terobosan tertinggi di tim sepanjang gelaran UEL 2021/2022.

Untuk kedalaman tim, Posisi bek kanan kemungkinan akan kembali diisi oleh Joao Mario. Ia akan berkolaborasi bersama 3 bek lain: Pepe, Chancel Mbemba, serta bek kiri Zaidu Sanusi. Di lini depan, pelatih Sérgio Conceição diprediksi mengandalkan 2 striker. Mehdi Taremi dan Toni Martinez ditengarai mengisi posisi tersebut.

Di sisi seberang, Lyon harus memarkir beberapa pemain penting mereka akibat cedera. Rayan Cherki (cedera kaki) dan Sinaly Diomande (cedera pergelangan kaki) kemungkinan besar absen. Di samping itu, Tanguy Ndombele, Jason Denayer, dan Leo Dubois juga diragukan bisa bermain. Dalam lanjutan jadwal Ligue 1 pekan lalu, ketiga pemain itu absen. Namun kemungkinan mereka tampil masih menunggu keterang tim medis kub.

Statistik Lima Laga Terakhir FC Porto vs Lyon

FC Porto

  • 21/02/22, Moreirense vs Porto 0-1
  • 25/02/22, Lazio vs Porto 2-2
  • 28/02/22, Porto vs Gil Vicente 1-1
  • 03/03/22, Sporting Lisbon vs Porto 1-2
  • 07/03/22, Paços Ferreira vs Porto 2-4

Lyon

  • 06/02/22, Monaco vs Lyon 2-0
  • 13/02/22, Lyon vs 2-0
  • 19/02/22, Lens vs Lyon 1-1
  • 28/02/22, Lyon vs Lille 0-1
  • 05/03/22, Lorient vs Lyon 1-4

Head To Head FC Porto vs Lyon

  • 31/07/21, Porto vs Lyon 5-3
  • 05/08/12, Porto vs Lyon 0-0
  • 01/08/11, Porto vs Lyon 1-2
  • 27/07/09, Lyon vs Porto 0-2
  • 07/04/04, Lyon vs Porto 2-2

Prediksi Line Up FC Porto vs Lyon

FC Porto (4-4-2): Diogo Costa, Pepe, Chancel Mbemba, João Mário, Zaidu Sanusi; Otavio, Mateus Uribe, Vitinha, Pepe Aquino; Toni Martinez, Mehdi Taremi | Pelatih: Sérgio Conceição

Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes; Leo Dubois, Thiago Mendes, Castello Lukeba, Emerson; Tanguy Ndombele, Maxence Caqueret; Romain Faivre, Lucas Paqueta, Karl Toko Ekambi; Moussa Dembele | Pelatih: Peter Bosz

Prediksi Laga FC Porto vs Lyon

Dalam laga dini hari nanti, FC Porto diatas kertas lebih diunggulkan dari tamunya Lyon, berdasarkan catatan lima pertemuan terakhir, tim asal Portugal tersebut berhasil mengemas 2 kemenangan, 2 imbang, dan 1 laga lain dimenangi Lyon. Kali terakhir kedua kubu bertemu di ajang resmi, terjadi pada 2004 silam di kompetisi Liga Champions (UCL). Kala itu Porto dan Lyon bertarung di babak perempat final. Porto berhasil memetik kemenangan 2-0 pada leg pertama, lalu bermain imbang 2-2 di leg kedua. Di musim ini FC Porto juga tampil lebih meyakinkan, prediksi kami laga akan dimenangkan tuan rumah FC Porto dengan skor 1-0.

Link Live Streaming FC Porto vs Lyon

Leg Pertama Babak 16 Besar Europa League akan dimainkan dini hari nanti, laga antara wakil Portugal FC Porto kontra wakil Prancis Lyon di prediksi berjalan menarik, rekan Nobar TV  ingin mengikuti serunya laga ini, saksikan secara langsung laga tersebut pada Link Live Streaming berikut.