Selebrasi Para Pemain Notingham Forest Usai Memastikan Diri Promosi Ke EPL.
Selebrasi Para Pemain Notingham Forest Usai Memastikan Diri Ke .

NOBARTV NEWS – Jika anda pencinta di era 80-an tentu tak asing lagi dengan nama Notingham Forest, tim yang sempat menduduki jajaran raksasa Liga di era tersebut, bahkan capaian terbaik mereka adalah mampu menjuarai Piala Champions di dua tahun berturut-turut yakni pada 1979 dan 1980.

Selain itu Notingham Forest adalah salah satu bagian dari founding member Premier League ketika didirikan pada tahun 1992 silam. Saat itu, Premier League diperlukan untuk memperbarui kompetisi jadi lebih baik.

Saat itu Forest masih ditangani Brian Clough, legendaris Forest. Masalahnya, Forest justru terus kesulitan setelah Premier League dibentuk. puncaknya mereka harus terdepak ke divisi Championship hingga akhirnya kembali ke jajaran EPL di musim mendatang.

Profil Singkat Notingham Forest

Nottingham Forest adalah klub legendaris asal Inggris yang didirikan oleh 15 orang pemain hoki pada 1865. Kiprah Nottingham Forest di sepak bola Inggris bermula saat menjadi anggota Football League.

Penamaan klub diambil dari nama kota yakni Nottingham. Untuk kata ‘Forest’ diambil dari Hutan Sherwood yang ada di kota Nottingham. Sebagai informasi, Hutan Sherwood dikenal sebagai tempat persembunyian Robin Hood.

Nottingham Forest berdiri sejak tahun 1865 dan klub bermarkas di City Ground sejak tahun 1898. Nottingham Forest secara resmi bergabung menjadi anggota Football League pada tahun 1982 dan berlaga di Divisi Championsip atau Liga Kasta Kedua Inggris di musim 1900/1901.

Punya Dua Koleksi Liga Champions

Untuk urusan gelar, Nottingham Forest berhasil memenangkan banyak kejuaraan, salah satunya adalah pada tahun 1898 dan 1959. Selain itu puncak prestasi mereka adalah mampu memenangi gelar Piala Champion di musim 1979 dan 1980.

Periode paling sukses klub ini saat berada di bawah Brian Clough, antara tahun 1975 dan 1993. Saat itu mereka memenangkan satu-satunya gelar Liga Inggris yang saat itu masih bernama First Division pada musim 1976-77.

Klub ini terakhir bermain di Liga Primer pada tahun 1999 dan satu-satunya mantan klub yang tidak bermain di liga papan atas domestik. Pada tahun 1980 klub ini mampu menjadi finalis Piala Interkontinental yang pada pertandingan final dikalahkan oleh Nacional.

Kembali ke EPL Setelah 23 Tahun Tenggelam

Klub legendaris Inggris, Nottingham Forest meraih tiket promosi ke Premier League musim depan. Forest akan kembali tampil di kasta tertinggi liga Inggris setelah absen selama 23 tahun.

Forest memenangi laga final playoff Divisi Championship melawan di Stadion Wembley, Minggu (29/5/2022). Forest menang 1-0 setelah bek Huddersfield Levi Colwill melakukan gol bunuh diri.

Itu berarti Forest akan kembali ke Premier League untuk pertama kalinya sejak musim 1998/1999. Rentang waktu 23 tahun sampai kembali promosi ke Premier League itu jadi yang terlama untuk sebuah klub.