Timnas Indonesia

Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia



NOBARTV.CO.ID Pelatih Guinea U23 ungkap masalah tim-nya, U23 akan berhadapan dengan Guinea U23 dalam play off Olimpiade Paris 2024. Jelang bertemu dengan skuad Garuda, pelatih Guinea U23 Kaba Diawara mengungkapkan masalah timnya.

Seperti yang diketahui, Kamis mendatang akan menjadi laga penting bagi skuad Garuda muda. Pasalnya, pada tanggal 9 Mei 2024 tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan Timnas Guinea U23 di laga play off Olimpiade Paris 2024. Pemenang di laga ini secara otomatis lolos ke ajang multi even terbesar di dunia itu. Lantas, mengapa kedua tim bisa saling berhadapan satu sama lain?

Jadi, sebelumnya, Indonesia U23 dan Guinea U23 sudah tampil di sebuah even sepakbola antar negara di benua masing-masing. Skuad Garuda muda tampil di Piala Asia U23 2024 sedangkan Guinea U23 bermain di U23 2023. Untuk diketahui, dua even ini juga dijadikan wadah seleksi untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Tiga tim terbaik dalam even tersebut otomatis mewakili benuanya untuk berlaga di even bergengsi ini.

Baca Juga:  Resmi: PSSI Rilis Harga Tiket Indonesia vs Tanzania, Murah atau Kemahalan?

Dan di dua even ini, Indonesia dan Guinea mengalami nasib yang sama. Skuad Timnas U23 gagal di babak semifinal dan kembali menelan kekalahan di perebutan tempat ketiga. Alhasil, Ivar Jenner dkk mengakhiri posisinya di peringkat ke-empat Piala Asia U23 2024. Hasil tersebut membuat skuad Garuda muda gagal mendapat satu tiket otomatis ke Olimpiade Paris sehingga harus menjalani laga play off melawan peringkat keempat Piala Afrika U23 2023.

Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Salah satu pemain andalan Guinea U23 dalam laga melawan Timnas Indonesia (sumber: IG @feguifootofficiel)

Di Piala Afrika U23 2023 kemarin, skuad Guinea juga finis di peringkat keempat. Hasil tersebut membuat Guinea dipastikan menjadi lawan Indonesia di play off Olimpiade Paris 2024. Siapapun pemenang di laga ini secara otomatis lolos ke Olimpiade Paris. Bila Indonesia yang memenangkan pertandingan, maka Asia akan diwakili oleh empat negara – begitupun dengan sebaliknya.

Di kubu Guinea U23 sendiri, terdapat beberapa pemain muda yang sudah mencicipi caps bersama skuad senior. Begitupun dengan Indonesia yang diketahui mempunyai banyak pemain senior.

Baca Juga:  Soal Kesehatan Pemainnya, Dokter Timnas Indonesia Sebut STY seperti Dosen, Apa Artinya?

Tapi sayang, bagi Guinea U23, sang pelatih menyebut skuadnya mendapat sebuah masalah jelang duel melawan Indonesia. Katanya, anak asuhnya mengalami masalah dalam melakukan penyelesaian akhir.

“[Hal yang harus dihindari adalah] dominasi dan tidak mencetak gol, seperti yang terjadi pada Guinea selama Piala Afrika U-23 2023. Kami harus efisien, bisa memberikan hasil nyata dari kesempatan pertama,” ucap Diawara dilansir dari Guineefoot.

“Kami tidak boleh berbuat kesalahan, tetap konsentarasi dan bermain pintar agar tidak terkena serangan balik atau dihukum penalti,” tambahnya.

Kata Diarra, skuad Garuda yang akan menjadi lawannya itu merupakan tim yang terorganisir dengan baik.

“Ini [Indonesia] merupakan tim yang terorganisasi dengan baik. Disiplin adalah jantung dari permainan mereka. Mereka juga tangguh. Wakil Asia kelebihannya tidak mudah menyerah,” kata Diawara lagi.

“Selanjutnya tergantung kami, bagaimana caranya menemukan solusi melawan tim ini pada 9 Mei nanti, apakah dengan kecepatan atau dengan kelebihan fisik,” pungkas eks pemain Arsenal itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid