Timnas Indonesia

5 Punggawa Skuad Garuda yang Punya Lemparan Maut, Siapa Saja?



NOBARTV.CO.ID 5 pemain Indonesia dengan lemparan maut, Berbicara mengenai skill lemparan ke dalam, pikiran kita – tentunya tertuju pada sosok Pratama Arhan. Nah, selain Arhan, ternyata ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang juga memiliki keahlian yang sama. Siapa saja?

Lemparan ke dalam – pada sepak bola adalah sesuatu hal yang biasa saja. Bola akan dilempar ke dalam ketika si kulit bundar secara penuh melewati garis pinggir lapangan. Hal ini berlaku hanya ketika bola melewati pinggir lapangan. Jika bola melewati garis yang sejajar dengan gawang, maka akan jadi dua kemungkinan. Bila sebelum bola melewati garis gawang mengenai tubuh pemain lawan, maka bola akan ditendang oleh kiper untuk memulai pertandingan. Tapi kalau bola tersebut mengenai kiper atau pemain yang sedang diserang, maka akan terjadi sepak pojok.

Nah, untuk kali ini, yang dibahas bukan terkait hal itu. Akan tetapi terkait dengan lemparan ke dalam yang dilakukan dari garis panjang lapangan. Di satu sisi, seperti yang disebutkan tadi, lemparan ke dalam adalah hal biasa. Namun tidak jika dimanfaatkan dengan baik oleh pemain yang mendapat kesempatan itu.

5 Punggawa Skuad Garuda yang Punya Lemparan Maut, Siapa Saja?
Welber Jardim ketika beraksi bersama Timnas Indonesia U17 (sumber: IG @love_gbk)

Biasanya, lewat cara ini, sebuah bola yang dilempar sangat berbahaya jika melambung terlalu tinggi. Cara ini sering dilakukan Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan lawan-lawannya. Pratama Arhan adalah sosok yang sering dipercaya untuk melakukan lemparan ke dalam. Arhan mempunyai skill lemparan ke dalam yang sangat berbahaya. Terkadang, gol-gol yang diciptakan Indonesia sering berasal dari cara ini.

Termasuk Pratama Arhan, terdapat lima pemain Timnas Indonesia yang mempunyai skill tersebut. Siapa saja mereka?

1. Pratama Arhan 

Sosok pertama tentu adalah Pratama Arhan. Lemparan ke dalam pemain Suwon FC ini beberapa kali berbuah manis bagi skuad Garuda. Salah satu yang paling baru adalah gol Egy Maulana Vikri ke gawang Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Maret lalu.

Saat itu, bola yang dilempar Arhan membuat barisan belakang Vietnam kocar-kacir. Alhasil, bola rebound yang seharusnya dilempar sejauh mungkin justru mengenai kaki Egy Maulana Vikri.

2. Alfeandra Dewangga

Seangkatan dengan Arhan, Dewangga juga kerap dipercaya untuk melakukan throw in ketika ia bermain untuk Timnas Indonesia. Hanya saja, Dewangga tidak akan dipercaya jika dalam pertandingan tersebut Arhan juga ikut bermain.

Salah satu lemparan ke dalam Dewangga yang berbuah manis adalah ketika Indonesia tampil di final SEA Games 2023 melawan Thailand. Throw in pemain PSIS Semarang itu ditanduk sempurna oleh Ramadhan Sananta sehingga menjadi gol.

3. Robi Darwis

Nama Robi Darwis tentu tak asing bagi penikmat sepakbola angkatan Marselino Ferdinan dkk. Sempat diproyeksikan tampil di Piala Dunia U20 2023, nama Robi Darwis menjadi salah satu pemain yang dipersiapkan tampil di ajang tersebut. Tak jarang, Robi dalam beberapa pertandingan uji coba skuad Garuda muda saat itu menjadi kepercayaan bagi Shin Tae-yong. Salah satu lemparan maut Robi Darwis adalah ketika Timnas Indonesia uji coba dengan Moldova pada tahun 2022 lalu.

4. Welber Jardim

Pemain keturunan Indonesia – Brasil Welber Jardim kini jadi kepercayaan skuad Timnas U20. Bersama Indra Sjafri, Welber selalu dipercaya untuk melakukan lemparan ke dalam. Terbaru, ia menjadi kepercayaan skuad Garuda di Turnamen Toulon di Prancis.

5. Fabio Azka Irawan 

Lagi dan lagi, Timnas Indonesia tidak kehabisan stok pemain yang memiliki kualitas serupa. Adalah Fabio Azka Irawan, pemain Timnas U16 ini beberapa waktu lalu membuat assist lewat lemparan ke dalam.

Bola yang dilempar Fabio disambar sempurna oleh Mierza sehingga menjadi gol di laga perdana Indonesia dalam ajang Piala AFF U16 kontra Singapura. Dalam laga tersebut, anak asuh Nova Arianto itu menang dengan skor akhir 3-0.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Punggawa Skuad Garuda yang Punya Lemparan Maut, Siapa Saja? yang telah tim penulis NOBARTV.CO.ID ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop Kripto [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid