Timnas Indonesia

Timnas U19 Diperkuat 5 Pemain Keturunan untuk Persiapan Piala AFF U19, Siapa Saja?



NOBARTV.CO.ID Pemain keturunan di Timnas U19, Setelah Piala AFF U16 2024, giliran skuad Timnas U19 yang akan turun di ajang Piala AFF U19 2024. Menariknya, dalam daftar pemain yang disiapkan oleh sang pelatih Indra Sjafri, beberapa di antaranya merupakan pemain keturunan.

Piala AFF U16 2024 telah usai pada Rabu 3 Juli kemarin. Dalam ajang tersebut, skuad Garuda Asia yang dipimpin Nova Arianto keluar sebagai juara ketiga.

Awalnya, Timnas Indonesia tampil gemilang dengan menyapu bersih seluruh pertandingan fase grup dengan kemenangan. Mereka membantai Singapura, Filipina, hingga Laos di fase grup.

Sayang, di laga semifinal, Timnas Indonesia U16 dipermalukan Australia dengan skor akhir 5-3. Kendati demikian, mereka berhasil menghapus kekecewaan itu dengan keluar sebagai pemenang di perebutan tempat ketiga. Dalam laga melawan Vietnam U16 kemarin, skuad Garuda menang telak dengan skor akhir 5-0.

Kini, setelah Piala AFF U16 2024 selesai digelar, giliran Piala AFF U19 2024 yang akan segera berlangsung. Di ajang ini, sama seperti Timnas Indonesia U16 yang bertindak sebagai tuan rumah di Piala AFF U16, hal yang sama juga terjadi untuk Timnas U19. Anak asuh Indra Sjafri itu berstatus sebagai tuan rumah dan tergabung dalam grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Timnas U19 Diperkuat 5 Pemain Keturunan untuk Persiapan Piala AFF U19, Siapa Saja?
Welber Jardim di laga Piala Dunia U-17 2023
(sumber: IG @timnas.indonesia)

Persiapan yang dilakukan Indra sebelum even ini digelar terbilang cukup baik. Sejak beberapa hari lalu, Indra telah memimpin dan memanggil 33 pemain dalam sebuah pemusatan latihan. Nantinya, ke-33 nama itu akan mengerucut menjadi 23 nama yang tampil di even itu. 5 dari 33 pemain yang dipersiapkan Indra ini berstatus sebagai pemain keturunan. Artinya, Indra benar-benar mempersiapkan skuadnya dengan cukup maksimal.

Tak selesai sampai di sana, skuad Garuda juga melakukan persiapan dengan menggelar beberapa laga ujicoba.

“Kami telah memberikan beberapa nama dari semua pemain yang pernah ketemu dengan saya di Belanda. Saya sudah bicarakan dengan PSSI. Itu nanti PSSI yang menelusuri. Pertama, PSSI-lah ini yang menelusuri silsilahnya. Karena saya juga mendengar ada yang sesuai dengan Undang-Undang 12 tahun 2006 dan juga tidak sesuai dengan aturan FIFA. Makanya sekarang tim PSSI sedang mencoba menelusuri secara administrasi memungkinkan untuk atau tidak,” ucap Indra.

“Kalau Jens kan sudah. Saya ada merekomendasikan posisi depan satu, tengah satu, dan kalau tidak salah bek kiri satu. Biar PSSI yang merilis karena nama tersebut akan valid setelah silsilahnya ditelusuri dan memang bisa untuk diproses dan orang tuanya mau untuk diproses,” tambah Indra.

Berikut daftar 33 pemain Timnas Indonesia U19 yang disiapkan untuk Piala AFF U16:

1. Meshaal Hamzah Bashier Oman*

2. Ji Da Bin*

3. Welberlieskott De Jardim*

4. Camara Ousmane Maket*

5. Jens Raven*

6. Ikram Algiffari

7. I Wayan Artha Wiguna

8. Aditya Ramadhan

9. Fitrah Maulana Ridwan

10. Muhammad Mufli Hidayat

11. Muhammad Alfahrezi Buffon

12. Rizdjar Nurviat Subagja

13. Kadek Arel Priyatna

14. Muhammad Iqbal Gwijangge

15. Sulthan Zaky Pramanaputra Razak

16. Muhammad Farhan Sopiulloh

17. Dony Tri Pamungkas

18. Alexandro Felix Kamuru

19. Fandi Bagus Pamungkas

20. Figo Dennis Saputrananto

21. Muhammad Kafiatur Rizki

22. Muhammad Darel Valentino Erlangga

23. Toni Firmansyah

24. Pramoedya Putra

25. Arlyansyah Abdulmanan

26. Muhammad Mufdi Iskandar

27. Marselinus Ama Ola

28. Muhammad Riski Afrisal

29. Arkhan Kaka Putra Purwanto

30. Muhammad Nabil Asyura

31. Rahmat Syawal

32. Muhammad Ragil

33. Ferre Murari

Pemain keturunan ditandai dengan simbol (*) setelah penyebutan namanya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Timnas U19 Diperkuat 5 Pemain Keturunan untuk Persiapan Piala AFF U19, Siapa Saja? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid