Timnas Indonesia

Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola



NOBARTV.CO.ID STY jauhkan skuad Garuda dari hiruk-pikuk sepak bola, sudah mengakhiri kiprahnya di Piala Asia U23 dengan menempati peringkat keempat. Usai tampil di ajang tersebut, Shin Tae-yong sedikit menjauhkan anak asuhnya dari segala sesuatu yang berbau ‘sepak bola.'

Pil pahit baru saja ditelan oleh Justin Hubner dkk. Sebab bagaimana tidak, setelah sempat tampil impresif sepanjang fase grup hingga babak perempatfinal final Piala Asia U23, mereka justru mengalami nasib buruk di dua waktu yang berdekatan.

Jadi, skuad Garuda – yang berstatus sebagai tim debutan di Piala Asia U23 2024 ini secara mengejutkan mampu lolos dari persaingan grup A. Sepanjang fase grup, anak asuh Shin Tae-yong itu hanya menelan satu kekalahan ketika bertemu dengan Timnas Qatar.

Mereka kemudian bangkit pada laga kedua dan ketiga fase grup. Secara berturut-turut, skuad Garuda muda menang atas Australia U23 (1-0) dan Yordania U23 (4-1). Dua kemenangan ini mengantarkan skuad Garuda finis di peringkat kedua klasemen akhir grup A sekaligus membuat mereka lolos ke babak perempatfinal.

Baca Juga:  Menpora Usahakan Calvin Verdonk dan Jens Raven Debut di Laga kontra Irak

Di babak perempatfinal ini, Marselino Ferdinan dkk tak berhenti membuat kejutan. Mereka kembali menumbangkan tim kuat Korea Selatan U23 lewat babak adu penalti yang berakhir dengan skor akhir 11-10.

Sayang beribu sayang, kejutan itu ternyata berhenti di laga melawan Korea. Sebab di laga semifinal, mereka menelan kekalahan dari Timnas Uzbekistan (2-0). Nasib buruk tidak berhenti di situ saja, ketika melawan Irak dalam perebutan tempat ketiga, anak asuh Shin Tae-yong itu kembali dikalahkan oleh sang lawan dengan skor akhir 2-1.

Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola
Para pemain Timnas Indonesia membentangkan bendera Indonesia sebelum pertandingan (sumber: IG @shintaeyong7777)

Dua kekalahan itu membuat Timnas Indonesia gagal mengamankan satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Sebab seperti yang diketahui, peringkat 1, 2, dan 3 dalam Piala Asia U23 ini secara otomatis akan menjadi wakil Asia di ajang multi even tersebut. Kini, satu-satunya cara bagi Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Paris adalah dengan memenangkan laga play off melawan Guinea U23. Untuk diketahui, Guinea U23 adalah peringkat keempat U23 2023 tahun lalu.

Baca Juga:  TC Timnas Indonesia Akan Kedatangan Pemain Baru, Siapa Dia?

Namun, usai Piala Asia U23 digelar berikut dengan menjelang duel melawan Guinea, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong belum mau menyibukkan anak asuhnya dengan hal-hal yang berbau dengan sepak bola. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan tidak ingin anak asuhnya langsung disibukkan dengan hiruk pikuk sepak bola pasca kekalahan atas Irak kemarin.

“Tentu saja para pemain sangat letih dan habis. Saya pikir selama 2-3 hari kami harus fokus recovery tanpa menyentuh bola setelah itu ada 3-4 hari kami akan menyentuh taktik dan analisis permainan lawan,” ucap Shin Tae Yong dilansir dari laman resmi PSSI.

“Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap 4 tim Asia akan bertanding di Olimpiade,” tutup pria yang juga mantan pemain dan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid