Timnas Indonesia

Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23



NOBARTV.CO.ID STY panggil 2 pemain untuk hadapi Guinea U23, Skuad Garuda akan melawan Guinea U23 di babak play off Olimpiade Paris 2024. Laga tersebut digelar karena kedua tim gagal finis di kompetisi benua masing-masing.

Tahun lalu, telah digelar laga U23 2023 di Maroko. Dalam even tersebut, Maroko selaku tuan rumah berhasil keluar sebagai juara. Sementara itu, Mesir dan Mali masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Tiga tim terbaik di Piala Afrika U23 2023 tersebut pun dinyatakan berhak melaju ke Olimpiade Paris 2024. Sedangkan Guinea U23, tim yang menjadi lawan Mali di perebutan tempat ketiga Piala Afrika U23 2023 itu harus melalui babak play off terlebih dahulu untuk bisa tampil di ajang multi even tersebut.

Dan kemarin, lawan yang akan dihadapi Guinea U23 di play off Olimpiade Paris 2024 sudah dipastikan. Adalah Indonesia, skuad Garuda muda asuhan Shin Tae-yong bakal menjadi lawan Guinea di babak play off nanti. Kepastian duel kedua tim terjadi karena Indonesia – pada Piala Asia U23 2024 kemarin resmi mengakhiri posisinya di peringkat keempat. Di babak semifinal, takluk dari Uzbekistan 2-0. Sedangkan di perebutan tempat ketiga, mereka dikalahkan Irak 2-1.

Baca Juga:  Pelatih Ungkap Alasan Tak Panggil Amar Brkic dan Chow Damanik ke Timnas U20

Oleh karena itu, satu tiket Olimpiade Paris ini pun bakal diperebutkan oleh kedua tim beda benua yang mengalami nasib yang sama ini. Jika skuad Garuda mampu mengalahkan Guinea, maka Marselino Ferdinan dkk dipastikan akan menyusul Jepang, Uzbekistan, dan Irak ke Olimpiade Paris 2024. Hal ini akan membuat benua Asia punya empat wakil di kancah olahraga internasional itu. Begitupun sebaliknya apabila Guinea U23 mampu mengandaskan Timnas Indonesia. Rencananya, duel play off Olimpiade Paris 2024 antara Indonesia versus Guinea akan digelar pada Kamis 9 Mei mendatang di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis.

Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23
Elkan Baggott di sesi warming up Timnas Indonesia (sumber: IG @elkanbaggott)

Tapi sayangnya, skuad Garuda muda terancam tak bisa diperkuat oleh satu pemain andalannya yakni Justin Hubner. Bek tengah Cerezo Osaka itu harus kembali ke klubnya usai laga perebutan tempat ketiga melawan Irak.

Baca Juga:  Bakal Ikuti Turnamen Toulon Prancis, Berikut Daftar Pemain yang Dibawa Indra Sjafri

Namun kabar baiknya, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong langsung bergerak cepat untuk memanggil dua nama baru. Dua pemain tersebut adalah Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga. Sebelumnya, Dewangga sempat dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 namun saat itu ia sedang menjalani operasi. Sedangkan Baggott, pemain Ipswich Town itu baru saja mengakhiri masa peminjamannya di klub League One Bristol Rovers.

Kehadiran keduanya diharapkan mampu menjadi amunisi terbaik Timnas Indonesia di laga melawan Guinea U23 pekan depan.

“Sedang kami persiapkan untuk tambahan pemain. Tambahan cuma dua. Sementara yang kita persiapkan Dewangga sama Elkan. Untuk Elkan kita sedang bersurat ke klubnya,” kata Ketua Badan Tim Nasional Sumardji.

“Nathan sama yang lain, tetap [masih di Timnas]. Sementara ini dulu informasinya ya, nanti akan kita informasikan lagi kalau sudah ada perkembangan,” tutup pria yang juga berstatus sebagai perwira menengah Polri itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid