Timnas Indonesia

Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1



NOBARTV.CO.ID Shin Tae-yong bikin pengakuan usai dikalahkan Irak, Pelatih Shin Tae-yong memberikan pengakuan usai skuadnya takluk di perebutan tempat ketiga pada ajang Piala Asia U23 2024. Berhadapan dengan Irak, Marselino Ferdinan dkk dipermalukan dengan skor akhir 1-2.

Timnas Indonesia dipastikan finis di peringkat keempat Piala Asia U23 2024. Tadi malam, mereka memainkan laga terakhirnya di ajang tersebut dengan melawan Irak dalam perebutan tempat ketiga. Sayangnya, di laga ini – Nathan Tjoe-A-On dkk dikalahkan dengan skor akhir 1-2.

Awalnya, skuad Garuda mampu membuat gol lebih dulu. Sepakan keras Ivar Jenner dari luar kotak penalti menghujam deras ke dalam gawang Irak. Sayang, tak lama setelah gol Jenner, skuad Irak mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor imbang 1-1 tidak cuma bertahan sampai babak pertama saja, kedudukan sama kuat itu juga menjadi akhir dari waktu normal. Alhasil, pertandingan Indonesia vs Irak harus dilanjutkan lewat babak extra time 2×15 menit.

Baca Juga:  Hari ini, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1
Momentum selebrasi Ivar Jenner usai menjebol gawang Irak (sumber: IG @afcasiancup)

Di babak extra time inilah nasib buruk menimpa skuad Garuda. Beberapa menit babak pertama extra time berjalan, winger Irak Ali Jasim berhasil membuat gol sekaligus menjadi momentum comeback-nya skuad Singa Mesopotamia Muda. Skor 1-2 tersebut bahkan bertahan hingga akhir pertandingan.

Alhasil, dengan kekalahan itu, skuad Garuda harus puas menempati peringkat keempat Piala Asia U23 2024. Sedangkan Irak, Ali Jasim dkk berhak mendapat satu tiket ke Olimpiade Paris 2024 menyusul Jepang dan Uzbekistan. Jadi, peringkat 1, 2, dan 3 pada ajang Piala Asia U23 2024 ini secara otomatis akan mendapatkan masing-masing satu tiket ke ajang multi even Olimpiade Paris 2024. Adapun Indonesia, kekalahan tadi malam membuat anak asuh Shin Tae-yong itu harus melakoni laga play off melawan peringkat keempat U23 2023. Tim yang akan dihadapi mereka adalah Guinea. Jika mampu memenangkan pertandingan kontra tim asal Afrika itu, maka skuad Garuda akan mendapat satu tiket tambahan menuju Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga:  Netizen Keluhkan Aksi ‘Cegil Fomo' Ganggu Pemain Timnas Indonesia

Sementara Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23 itu pada malam hari tadi telah memberikan keterangannya pasca pertandingan. Ia memberikan pengakuannya usai anak asuhnya menelan kekalahan.

“Selamat untuk Irak yang lolos ke Olimpiade. Sangat disayangkan kami kalah karena kami sudah melakukan yang terbaik. Saya pikir Irak bermain bagus pada babak kedua,” kata Shin Tae-yong sebagaimana dilansir dari laman resmi PSSI.

“Ada perbedaan level performa, hampir semua laga kecuali 1-2 pemain kami harus memainkan 11 pemain sama. Mungkin itu sebab kami kesulitan,” tambahnya.

“Tentu saja para pemain sangat letih dan habis. Saya pikir selama 2-3 hari kami harus fokus recovery tanpa menyentuh bola setelah itu ada 3-4 hari kami akan menyentuh taktik dan analisis permainan lawan.”

“Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap 4 tim Asia akan bertanding di Olimpiade,” tukas sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid