Properti & Real Estate

Mau Beli Rumah? Catat 5 Hal Penting Ini Dulu, ya!



NOBARTV NEWS Hal penting sebelum beli rumah memang sangat perlu untuk diperhatikan. Sebab, memilih rumah yang sempurna tentu bisa jadi langkah yang sangat penting dalam menentukan kehidupan Anda nantinya. Berbagai faktor perlu dipertimbangkan, mulai dari jenis rumah, lokasi, hingga anggarannya.

Membeli rumah perlu ketelitian dan kehati-hatian. Sebab, jika Anda ceroboh, maka resiko yang tidak Anda inginkan pun bisa saja terjadi. Termasuk kehilangan hak milik akibat bangunan atau tanah yang Anda beli tersebut bermasalah.

Lantas, hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah? Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah.

Tujuan Membeli Rumah

Membeli rumah sebagai tempat tinggal memang sangatlah berbeda dengan membeli rumah hanya untuk investasi saja yang nantinya akan dijual kembali. Jika tujuan membeli rumah adalah hanya untuk investasi, maka tentukan apakah hal itu akan menjadi investasi jangka menengah atau jangka panjang.

Sebab, semakin jelas tujuan investasi Anda, maka akan semakin mudah juga dalam menentukan properti mana yang akan Anda pilih nantinya. Menentukan tujuan dalam membeli rumah juga akan menentukan pemilihan lokasi rumah yang akan Anda beli.

Terlebih jika Anda akan menggunakan sebagai investasi jangka panjang. Maka, pemilihan lokasi yang tepat sangat berperan penting dalam menentukan keuntungan kedepannya.

Legalitas

Mengetahui legalitas atau perizinan atas suatu properti tentu menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah. Hal ini ternyata juga diungkapkan oleh CEO Daun Karya Property, Kharolina Leslie, dimana legalitas ini harus menjadi yang pertama Anda sampaikan kepada pihak developer.

Sebab, legalitas akan sangat mempengaruhi proses pembelian properti kedepannya. Selain itu, tanyakan juga tentang perizinannya, mulai dari izin lokasi pembangunan, izin lingkungan, hingga izin pembangunan. Minta juga kepada pihak developer untuk menunjukkan sertifikatnya kepada Anda.

Developer yang benar tidak akan pernah menutup-nutupi atau takut untuk menunjukkan bukti legalitas perusahaan serta proyek perumahan yang sedang dijalankan.

Perhatikan Kemungkinan Adanya Kenaikan Suku Bunga

Membeli rumah melalui KPR dalam jangka waktu yang relatif panjang tentunya akan berhadapan dengan fluktuasi suku bunga bank. Jadi, pertimbangkan segala kemungkinan mengenai adanya kenaikan suku bunga.

Sebab, kenaikan suku bunga ini akan sangat berimbas pada harga jual properti atau rumah Anda kedepannya. 

Biaya Tambahan

Biaya tambahan merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah. Sebab, terkadang ada developer yang menuliskan harga standar pada sebuah properti, namun tidak mencantumkan biaya tambahan lain yang harus dibayarkan oleh konsumen di kemudian hari.

Jadi, ada baiknya untuk Anda memastikan terlebih dahulu mengenai biaya tambahan apa saja yang harus Anda keluarkan nantinya. Tujuannya adalah agar Anda bisa mempersiapkan uang, sehingga kedepannya akan lebih nyaman.

Selain biaya tambahan, pihak developer juga sering memberikan hadiah untuk para calon konsumennya. Seperti halnya unit AC, pemasangan kanopi, hingga cashback uang tunai. Ini juga menjadi hal penting yang wajib Anda tanyakan di awal sebelum membeli rumah. 

Pilih Jasa Agen Properti dan Developer yang Terpercaya

Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih rumah yang tepat, maka Anda bisa menggunakan jasa agen properti. Namun, pilihlah agen properti yang terpercaya. Sebab, agen properti terpercaya bisa membantu Anda dalam mencari rumah yang sesuai dengan kriteria dan budget yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, agen properti terpercaya juga akan membantu dan mendampingi Anda selama proses pembelian rumah agar lebih mudah dan aman. Selain menggunakan jasa agen properti, Anda juga perlu memilih developer yang terpercaya ketika ingin membeli rumah. 

Silahkan Anda periksa sejarah dari developer yang hendak Anda pilih terlebih dahulu. Mulai dari bagaimana kinerjanya, reputasinya, hingga bertanya kepada rekan atau saudara mengenai developer terpercaya.

Membeli rumah tentunya akan menjadi langkah besar dalam hidup Anda. Dengan mencatat hal-hal penting yang sudah dijelaskan diatas tentunya bisa membuat Anda memilih rumah yang tepat untuk kebutuhan dan masa depan. 

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Mau Beli Rumah? Catat 5 Hal Penting Ini Dulu, ya! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini: