Travel & Wisata

Yuk Intip Pesona Alam Pulau Padar Labuan Bajo! Rute dan Harga Tiket Terbaru 2024



NOBARTV NEWS Pulau Padar merupakan satu dari tiga pulau utama yang menjadi kawasan Taman Nasional Komodo. TN Komodo terdiri dari Pulau Komodo sebagai pulau terbesar, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan puluhan pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.

Pulau ini terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca dan merupakan yang terkecil di antara ketiga pulau utama di kawasan Taman Nasional Komodo. Banyak hal menarik tentang ‘si kecil’ ini. Berikut rangkuman selengkapnya.

Tidak Ada Komodo di Pulau Padar

Pulau Padar, Labuan Bajo (SC Unsplash)
Pulau Padar, Labuan Bajo (SC: Unsplash @dw1 damarnesia)

Berbeda dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang masih dihuni oleh komodo, pengelola TN Komodo mengklaim bahwa sudah tidak ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan hewan purba tersebut di Pulau Padar. Artinya, komodo di Pulau Padar telah sepenuhnya punah.

Kepunahan komodo di Pulau Padar tentu bukanlah kabar yang menggembirakan mengingat tiga pulau utama di kawasan TN Komodo tersebut merupakan satu-satunya habitat asli dari sang kadal raksasa.

Namun, kepedihan tersebut rasanya sedikit terobati. Kini, Pulau Padar menjadi kawasan paling aman untuk dikunjungi sendirian dari pada dua pulau lainnya. Apalagi pulau ini menyimpan pemandangan alam yang luar biasa untuk dieksplor.

Apa saja yang kamu eksplor saat mengunjungi Pulau Padar? Berikut adalah rangkuman tentang Pulau Padar yang membahas daya tarik, rute, tiket, dan informasi menarik lainnya.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Memasuki Terowongan Silaturahmi saat Berkunjung ke Masjid Istiqlal

3 Teluk Ikonik Pulau Padar

Pulau Padar, Taman Nasional Komodo
Pulau Padar, Taman Nasional Komodo (SC: Pexels @Dimitri Dim)

Pulau Padar memiliki tiga teluk ikonik yang menyuguhkan pemandangan luar biasa menakjubkan. Kamu bisa menikmati keindahan alam tersebut dari puncak bukit padar.

Untuk mencapai puncak, tentu kamu harus mendaki kurang lebih 30 menit waktu normal. Jalur pendakian sedikit berkelok, cukup terjal, dan kadang licin akibat batu-batu kecil.

Namun, hambatan itu seakan tidak berarti apa pun saat kamu telah mencapai puncak bukit. Sejauh mata memandang, yang kamu temukan hanyalah keindahan alam yang luar biasa. Kamu akan merasa bisa melihatnya sepanjang hari!

Pantai-pantai yang Indah

Pantai Pink Padar, Kepulauan Komodo
Pantai Pink Padar, Kepulauan Komodo (SC: tourfloreskomodo)

Tiga teluk Pulau Padar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya memiliki pantai-pantai yang indah. Mereka adalah pantai dengan hamparan pasir putih lembut dengan air laut biru yang jernih.

Di sana, kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan berjemur, berenang, atau sekadar berjalan menyusuri bibir pantai. Beberapa dari pantai-pantai tersebut memiliki ombak yang menyenangkan bagi pecinta surfing.

Alam Bawah Laut yang Memukau

Bukan hanya surfing, di sini kamu bisa menyalurkan hobi menyelam juga! Pulau Padar memiliki spot-spot diving kelas dunia yang menarik untuk dieksplor.

Baca Juga:  Kenalkan 40 Rute Baru, Super Air Jet Siap Jadi Teman Seru Perjalananmu!

Taman laut pulau ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dengan jutaan biota laut yang bisa kamu temui, seperti beraneka jenis ikan dengan ragam ukuran.

Beberapa satwa yang pernah ditemui di bawah laut Pulau Padar antara lain penyu, pari manta, lumba-lumba, sotong, cumi-cumi bobtail, siput laut atau nudibranch, berbagai jenis moluska lain, dan ratusan jenis terumbu karang warna-warni.

Padang Rumput Coklat

Savana Padar, Kepulauan Komodo
Savana Padar (SC: IG @pesonakomodo)

Pulau Padar memiliki kontur alam berbukit, kering, dan gersang. Maka tak heran apabila pulau ini ditumbuhi semak-semak atau rumput berwarna coklat. Tidak banyak pepohonan yang bisa kamu temukan di sana.
Menariknya, kamu akan menemukan sebuah hamparan rumput coklat yang sangat eksotis. Landscape menakjubkan ini bisa kamu nikmati dari atas bukit padar atau menuju langsung ke lokasi Savana Padar.

Rute Menuju Pulau Padar

Bagi yang berasal di luar Labuan Bajo, maka harus menuju Labuan Bajo terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Padar.

  • Rute ke Labuan Bajo
    Penerbangan langsung dari Jakarta – Labuan Bajo, atau dari Bali – Labuan Bajo
  • Rute Labuan Bajo ke Pulau Padar
    Dari Labuan Bajo – dermaga Loh Liang di Pulau Komodo – naik speed boat ke Pulau Padar.

Informasi Biaya

  • Karcis speedboat Rp40 ribu sampai Rp100 ribu.
  • Karcis Taman Nasional Komodo Rp5.000.
  • Karcis kegiatan pengamatan wisata alam Rp10 ribu.
  • Karcis kegiatan penelusuran Rp5.000.
  • Karcis Pulau Rinca Rp50 ribu.
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Yuk Intip Pesona Alam Pulau Padar Labuan Bajo! Rute dan Harga Tiket Terbaru 2024 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.