Timnas Indonesia

Ini Penyebab STY Dapat Golden Visa dari Jokowi

TOPIK BERITA : NOBARTV NEWSGolden VisaIndonesiaJoko WidodoJokowiShin Tae YongSTY


NOBARTV NEWS Alasan STY dapat golden visa, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapat golden visa dari Presiden RI Joko Widodo. Lantas, mengapa seorang pelatih sepertinya mendapatkan hak seistimewa seperti itu?

Merujuk dari berbagai sumber, golden visa adalah sebuah program yang diberikan pemerintah dalam hal ini Indonesia bagi WNA (Warga Negara Asing). Nantinya, golden visa itu akan memudahkan mereka – yang salah satunya dalam hal investasi. Kemarin, Pemerintah RI meluncurkan golden visa tersebut dan Shin Tae-yong adalah salah satu yang menerimanya secara simbolis.

“Hari ini kita akan meluncurkan layanan golden visa untuk memberikan kemudahan kepada WNA [warga negara asing] untuk berinvestasi dan berkarya di Indonesia,” ucap Jokowi dalam pidatonya.

Dilansir dari detik.com Golden visa adalah pengelompokan terhadap visa tinggal terbatas, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, dan izin masuk kembali untuk jangka waktu tertentu, yakni paling lama 5 atau 10 tahun. Golden visa diberikan untuk melakukan kegiatan penanaman modal, penyatuan keluarga, repatriasi, dan rumah kedua.

Baca Juga:  Usai Tahan Imbang Arab Saudi, STY Minta Suporter Padati GBK untuk Laga kontra Australia

Selain itu, dijelaskan pula siapa saja yang berhak mendapatkan golden visa tersebut. Secara umum, mereka yang berhak mendapatkannya dibagi ke dalam beberapa kategori seperti orang yang menanam modal, penyatuan keluarga, repartrasi, dan rumah kedua. Persyaratan untuk mendapatkan golden visa tersebut juga telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku yaitu Permenkumham Nomor 22 Tahun 2023, serta Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 82 tahun 2023.

Lalu, kenapa pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapatkannya?

Merujuk pada pidato yang disampaikan Jokowi, Shin Tae-yong diberikan golden visa tersebut karena kontribusi yang sudah diberikan untuk Indonesia. Dalam hal ini, Shin dianggap telah memajukan sepak bola tanah air. Diberikannya golden visa tersebut, kata Jokowi dilakukan dengan selektif.

Ini Penyebab STY Dapat Golden Visa dari Jokowi
Shin Tae-yong ketika menghadiri acara penerimaan golden visa (sumber: IG @shintaeyong7777)

“Ingat hanya untuk good quality traveller sehingga harus benar-benar selektif. Bener-benar diseleksi. Benar-benar dilihat kontribusinya. Jangan sampai meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara,” lanjut Jokowi.

Kata STY usai diberi golden visa 

Shin Tae-yong yang turut hadir di acara peluncuran golden visa tersebut menyambut baik apresiasi yang diberikan Pemerintah RI. Shin berjanji akan berusaha lebih keras lagi untuk masa depan sepak bola tanah air. Hal itu Shin ungkapkan di akun media sosialnya.

Baca Juga:  Profil Mees Hilgers: Calon Pemain Timnas Indonesia dengan Harga Pasaran Ratusan Miliar!

“Terima kasih banyak kepada Bapak Jokowi. Saya akan berusaha lebih keras untuk masa depan sepak bola Indonesia. Ayo Garuda terbang tinggi!,” tulis pria berkebangsaan Korea Selatan itu.

Selama menukangi Timnas Indonesia, Shin dianggap cukup sukses menjadi arsitek. Ia merupakan orang yang pertama kalinya membawa skuad Garuda ke babak semifinal Piala Asia. Selain itu, Shin juga menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia U23 ke babak semifinal Piala Asia U23 2024. Tak cukup sampai di situ saja, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu juga merupakan pelatih pertama yang mampu membawa Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di babak ke-tiga tersebut, skuad Garuda tergabung dalam grup C bersama Timnas Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Ini Penyebab STY Dapat Golden Visa dari Jokowi yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid