Travel & Wisata

Alasan Pulau Lombok Masuk 5 Besar Destinasi Wisata Alam Terbaik Dunia 2024

Termasuk 5 rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Lombok



NOBARTV NEWS Dunia perwisataan Indonesia sepertinya harus bergembira atas terpilihnya Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Dilansir dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat, Kamis (11/1/2024), TripAdvisor, situs travel terbesar di dunia, merilis daftar Best of The Best in Travel, Travelers Choice Awards 2024, dan Best Nature Destination in the World 2024.

Pada kategori Best Nature Destination in the World 2024, Pulau Lombok, Indonesia, menempati urutan ke-5 dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang mendapatkan pengakuan dunia akan keindahan destinasi-destinasi wisata alamnya.

Alasan Pulau Lombok Masuk jadi Destinasi Wisata Alam Terbaik di Dunia

Mengutip dari laman TripAdvisor, jika saja Pulau Lombok berada di tempat lain di dunia, maka Lombok pasti akan menjadi destinasi wajib bagi semua orang, namun karena letaknya tepat di seberang Bali, nama Lombok nyaris tenggelam oleh popularitas pulau Dewata.

Padahal Lombok memiliki alam yang luar biasa. Keindahan teluk-teluk rahasia yang lokasinya terpencil, pantai-pantai berpasir putih bersih hingga pink, keindahan alam bawah laut yang memukau, gunung berapi yang megah di tengah pulau, dan deretan air terjun yang meluncur dari tebing-tebing melewati lembah yang diselimuti pepohonan rimbun.

Menurut Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani, pengembangan destinasi wisata Pulau Lombok secara umum semestinya berfokus saja pada wisata nature based, community based, culture based, dan heritage preservation, serta segala bentuk pengembangan yang ramah lingkungan.

Baca Juga:  Bali Sabet Penghargaan Destinasi Wisata Paling Romantis di Asia 6 Kali Berturut-turut

“Pencapaian ini menjadi bukti nyata bahwa Wisata Alam adalah magnet utama yang mendatangkan wisatawan ke Lombok,” ujar Baiq Ika.

“Bukankah sudah jelas, alasan wisatawan datang ke Lombok karena keindahan alam yang kita miliki? Lantas untuk apa kita berlomba mengubah wajah alam kita menjadi destinasi ‘ala-ala’ modern?” sambungnya.

Berikut daftar 10 destinasi wisata alam terbaik di dunia 2024 versi TripAdvisor:

  1. Kathmandu, Nepal
  2. Halong Bay, Vietnam
  3. Hurdhada, Mesir
  4. Mauritius, Afrika Timur
  5. Lombok, Indonesia
  6. Kuai, Hawaii
  7. Pulau Zanzibar
  8. Grand Cayman, Kepulauan Cayman
  9. Guadeloupe, Kepulauan Karibia
  10. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan

Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Terbaik di Lombok

Keberadaan Lombok di posisi lima besar semakin mengukuhkan posisi Lombok sebagai surga wisata alam yang wajib dikunjungi para petualang yang mencintai keindahan alam. Berikut adalah rekomendasi wisata alam terbaik di Lombok yang bisa kamu jadikan referensi sebelum berkunjung ke Lombok.

1. Gunung Rinjani

Kawah Gunung Rinjani, Danau Sagara Anak, Gunung Baruraji
Kawah Gunung Rinjani, Danau Sagara Anak, dan Gunung Baruraji (SC: Pexels @ROman Odintsov)

Gunung Rinjani adalah gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia, setelah Gunung Semeru. Pesona alam kawasan ini terdiri dari hutan, sungai, padang savana, kawah, Danau Segara Anak, dan Gunung Barujari yang terbentuk akibat letusan dahsyat Rinjani pada 1994.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Memasuki Terowongan Silaturahmi saat Berkunjung ke Masjid Istiqlal

2. Tiro Gili Lombok

Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air Lombok
Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air Lombok (SC: theyogaplacegili)

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno telah melekat dengan nama Lombok sebagai destinasi wisata alam paling populer. Tiga pulau itu terletak sejajar terpisahkan oleh perairan laut yang jernih. Mereka memiliki pasir pantai putih bersih, alam bawah laut luar biasa, dan spot sunrise terbaik.

3. Bukit Selong atau Bukit Beleq

Bukit Selong, Sembalun, Lombok
Bukit Selong, Sembalun, Lombok (SC: Instagram @muhajirefendi)

Bukit ini menawarkan panorama alam hijau yang terdiri atas Gunung Pergasingan, deretan bukit lain, dan hamparan sawah. Bentuk kotak-kotak dari persawahan membuat view tampak lebih menarik.

4. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Pulau Lombok
Pantai Tanjung Aan, Pulau Lombok (SC: Pexels)

Pantai Tanjung Aan memiliki panorama alam yang cantik, terdiri atas air laut kebiruan, pasir putih, bebatuan di sekitar pantai, dan Bukit Merse yang menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset.

5. Pantai Kuta Lombok

Pantai-Kuta-Lombok-Mandalika
Pantai Kuta, Mandalika, Lombok (SC: travellingindonesia)

Tidak hanya Bali, Lombok juga pantai bermana Kuta. Pantai ini jauh dari hiruk pikuk kota, memiliki air berwarna kehijauan-biru, pasir putih lembut, dan bukit dengan hijaunya pepohonan yang rimbun. Kamu bisa menikmati keindahan landscape alam kawasan pantai ini dari atas bukit itu.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Alasan Pulau Lombok Masuk 5 Besar Destinasi Wisata Alam Terbaik Dunia 2024 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.