Travel & Wisata

7 Wisata Pantai Populer di Pulau Lombok, Bukti Keindahan Alam Destinasi Wisata Kelas Dunia



NOBARTV NEWS Lombok menjadi salah satu destinasi wisata alam paling populer di Indonesia. Penggemar alam Pulau Lombok tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan mancanegara. Ada banyak pantai indah yang bisa dikunjungi. Keindahan pantai-pantai Lombok tidak kalah dengan milik Bali.

Berikut adalah tujuh rekomendasi pantai populer di Pulau Lombok yang menjadi bukti bahwa pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Kepulauan Gili

Kepulauan Gili & Gunung Rinjani
Kepulauan Gili dan Gunung Rinjani (SC: Wikipedia)

Pantai populer di Pulau Lombok yang pertama adalah pantai-pantai di Kepulauan Gili yang terdiri diri Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Ketiga pulau kecil itu dipisahkan oleh selat dan sangat populer di kalangan wisatawan asing. Ketiganya memiliki keindahan bawah laut yang memukau, tak boleh dilewatkan. Kepulauan Gili memiliki kualitas udara bagus, sejuk, dan menyegarkan, karena aktivitas kendaraan bermotor sangat dibatasi.

Gili Trawangan terletak di sebelah barat laut Pulau Lombok dan merupakan yang terbesar dari ketiga pulau lainnya. Gili Trawangan memiliki pantai yang populer di kalangan wisatawan asing. Seluruh jenis olahraga air bisa dilakukan di sini, seperti snorkeling, diving, hingga surving.

Gili Meno memiliki pemandangan yang masih asri. Air lautnya sangat jernih berwarna kebiruan. Gili Meno tidak seramai Gili Trawangan dan Gili Air, sehingga wisatawan yang datang ke sini dapat merasakan ketenangan berwisata. Gili Air merupakan yang terkecil dari ketiga gili lainnya.

Gili Air memiliki pasir putih yang sangat bersih. Cuaca bisa menjadi sangat panas dan menyilaukan saat siang hari karena pantulan sinar matahari pada pasir. Alam bawah lautnya terdiri atas terumbu karang indah, berbagai jenis ikan, dan biota laut lain.

Baca Juga:  Bali Sabet Penghargaan Destinasi Wisata Paling Romantis di Asia 6 Kali Berturut-turut

Pantai Pink

Pantai Pink, Pulau Lombok
Pantai Pink, Pulau Lombok (SC: Tiket.com)

Tidak hanya ada di Taman Nasional Komodo, Pantai Pink atau Pink Beach juga ada di Pulau Lombok. Sebenarnya nama asli pantai ini adalah Pantai Tangsi kemudian berganti menjadi Pantai Pink setelah banyak traveller dan fotografer yang membagikan potret pantai berpasir merah muda ini, sehingga pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Pink.

Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir warna merah muda. Hal ini karena pasir putih pantai bercampur dengan serpihan terumbu karang dan cangkang kerang berwarna merah yang telah rusak.

Serpihan itu disebut dengan Foram, yakni organisme mikroskopis yang hidup di laut. Keunikan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pink.

Pantai Senggigi

Senja di Pantai Senggigi, Pulau Lombok
Senja di Pantai Senggigi, Pulau Lombok (SC: Wikimedia)

Senggigi adalah satu pantai populer di Pulau Lombok yang terletak di sebelah barat Lombok. Daya tarik utama pantai ini adalah memiliki ombak yang cukup besar yang menjadi spot favorit para peselancar. Selain itu, pantai ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset sembari bersantai di area bean bag  di pinggir pantai.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak, Lombok
Pantai Selong Belanak, Lombok (SC: christine-bonniere.fr)

Baca Juga:  Paus Fransiskus Memasuki Terowongan Silaturahmi saat Berkunjung ke Masjid Istiqlal

Keunikan Pantai Selong Belanak adalah bagian bawah lautnya yang berkontur pasir hingga sejauh 15 meter dari bibir pantai. Keunikan lainnya adalah pantai ini memiliki dua jenis ombak. Bagian barat memiliki ombak yang cukup besar, sedangkan bagian lainnya tidak terlalu, yang menjadikan Selong sebagai salah satu pantai populer di Pulau Lombok untuk berselancar.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta, Mandalika, Pulau Lombok
Pantai Kuta, Mandalika, Pulau Lombok (SC: Traveloka)

Pantai Kuta menawarkan panorama alam yang berbeda. Terletak jauh dari keramaian kota membuat pantai ini terlihat lebih asri, bersih, dan alami. Pantai Kuta memiliki pasir putih yang bersih dan air laut bergradasi hijau-biru.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Pulau Lombok
Pantai Tanjung Aan, Pulau Lombok (SC: Traveloka)

Pantai Tanjung Aan disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus, air laut biru jernih, dan alam bawah lautnya yang indah. Kamu juga bisa mendaki beberapa bukit di sekeliling pantai yang diklaim menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset.

Pantai Mawi

Surfing di Pantai Mawi, Pulau Lombok
Surfing di Pantai Mawi, Pulau Lombok (SC: surfkutalombok)

Pantai populer di Pulau Lombok ini cukup terkenal di kalangan peselancar karena memiliki ombak yang besar dan kuat. Namun, jika kamu hanya ingin menikmati pemandangan, kamu bisa mengitari pantai ini atau mendaki bukit-bukit sekitarnya. Dari atas bukit kamu akan disuguhi panorama alam berupa laut lepas bersama aksi keren peselancar di tengah gulungan ombak besar.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 7 Wisata Pantai Populer di Pulau Lombok, Bukti Keindahan Alam Destinasi Wisata Kelas Dunia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.