Intermezzo

Ditolak di Sepak Bola, KOI Pastikan Atlet Israel Ikuti Anoc World Beach Games di Bali

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dibatalkannya di Indonesia membuat seluruh kontestan dipastikan tak akan menginjakkan kakinya di tanah air termasuk dengan tim asal Eropa Israel. Namun dari cabang olahraga lain, atlet asal Israel dipastikan bakal ikuti Anoc World Beach Games di Bali.

Seperti yang diketahui, FIFA selaku pimpinan federasi sepak bola di dunia pada Rabu malam kemarin telah mengambil sikap. Sikap tersebut merupakan hasil diskusi yang sudah mereka lakukan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 diprotes banyak pihak karena akan mendatangkan tim asal Eropa Israel.

Ya, dalam Piala Dunia U-20 tahun ini, Indonesia bakal menjadi tuan rumah untuk even yang mempertemukan 24 tim muda dari seluruh dunia itu. Dalam daftar 23 kontestan di luar tuan rumah, berbagai negara dari lima benua akan datang ke Indonesia. Dari Eropa, benua biru akan diwakili oleh lima tim. Mereka adalah Timnas Inggris U-20, Prancis U-20, Slovakia U-20, Italia U-20, dan Israel U-20.

Namun sayangnya, kedatangan salah satu di antara mereka yaitu Timnas Israel U-20 mendapat banyak penolakan dari elemen masyarakat Indonesia. Dari kepala daerah seperti gubernur sampai organisasi kemasyarakatan hingga keagamaan.

Oleh karenanya, FIFA pun memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Meski tidak menyebutkan kata Israel di balik alasan utamanya, namun khalayak sepak bola Indonesia sudah menduga jika itu memang benar-benar alasan di balik keputusan tersebut.

Lucunya, terkait penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel, sebetulnya sudah pernah beberapa atlet asal Israel yang datang – bahkan bertanding di Indonesia. Enam atlet tersebut merupakan pebulu tangkis sampai atlet panjat tebing. Dari cabang olahraga bulu tangkis satu atlet asal Israel Misha Zilberman pernah main di Indonesia. Sedangkan dari cabor (cabang olahraga) panjat tebing ada Yuval Shemla dan Noa Shiran. Sementara itu, dari cabang sepeda ada tiga atlet berkewarganegaraan Israel yaitu Mikhail Yakovlev, Rotem Tene, dan Vladyslav Loginov.

Bahkan lucunya, dalam waktu dekat ini, atlet asal Israel akan kembali datang ke Indonesia di saat sebelumnya terjadi penolakan atas mereka. Ketua umum KOI (Komite Olimpiade Indonesia) Raja Sapta Oktohari memastikan bahwa even Anoc World Beach Games di Bali pada tanggal 5 – 12 Agustus mendatang tetap dilaksanakan. Dalam daftar peserta even tersebut, terdapat beberapa atlet asal Israel yang akan ikut berpartisipasi.

“Sampai hari ini belum ada pembatalan (pelaksanaan AWBG). Sekali lagi, di dalam jiwa sportivitas olahraga itu, kita akan main sampai akhir. Kita akan bertanding sampai ada hasilnya. Tidak ada istilah kalah sebelum pertandingan,” kata Okto pada Rabu kemarin.

Okto menyebut ada 206 negara yang akan berpartisipasi dalam even tersebut.

“Jadi ujian kita ini bagaimana meyakinkan bangsa-bangsa lain, meyakinkan semua calon peserta, bahkan negara-negara lain yang akan datang ke Indonesia. Sebab, di ANOC nanti akan ada 206 negara yang akan datang ke Indonesia,” ujarnya menambahkan.

“Ini bahkan lebih besar dari PBB, yang akan hadir di Bali untuk mengikuti General Assembly dari Asosiasi Komite Olimpiade Nasional seluruh dunia di Indonesia,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment