Timnas Indonesia

Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23



NOBARTV.CO.ID Oktafianus Fernando bicara soal hujatan netizen kepada Marselino, Bintang U23 Marselino Ferdinan jadi bahan caci maki netizen usai berakhirnya even Piala Asia U23 2024. Dalam partai terakhir skuad Garuda melawan Irak, Marselino disebut banyak melakukan kesalahan.

Perjuangan Garuda muda di Piala Asia U23 2024 sudah berakhir. Bertindak sebagai tim debutan di even tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu mampu membuat kejutan dengan finis sebagai peringkat ke-empat.

Awalnya, skuad Garuda tergabung dalam grup A bersama Timnas Qatar U23, Yordania U23, dan Australia U23. Di laga pertamanya dalam fase grup, Ivar Jenner dkk sempat menelan kekalahan dari Qatar dengan skor akhir 2-0. Sedangkan di laga kedua dan ketiga, mereka mampu bangkit dengan menyapu bersih laga sisa grup A dengan kemenangan. Timnas Indonesia menang 1-0 atas Australia dan kembali meraih kemenangan besar atas Yordania 4-1.

Dua kemenangan tersebut membuat Garuda muda finis sebagai runner-up grup A sekaligus berhak melaju ke babak perempatfinal. Di babak perempatfinal ini, mereka dihadapkan dengan Timnas Korea Selatan U23. Secara mengejutkan, laga melawan Korea Selatan berhasil dimenangkan oleh Rizky Ridho dkk. Lewat adu penalti, Garuda muda menang dengan skor akhir 11-10 setelah di waktu normal bermain imbang 2-2.

Baca Juga:  PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Kemenangan ini membuat mereka berhasil melaju ke babak semifinal. Namun sayangnya, keberuntungan tidak memihak mereka sejak laga semifinal. Di laga semifinal ini, mereka dikalahkan Uzbekistan U23 2-0 lalu kembali dikalahkan Irak di perebutan tempat ketiga. Alhasil, mereka harus puas berada di posisi ke-empat di turnamen debutnya.

Ternyata, kekalahan atas Irak ini masih menyisakan rasa kecewa yang sangat besar. Sebab dari kekalahan ini, Garuda muda gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024 jalur Piala Asia U23. Mereka harus memainkan laga play off melawan Guinea U23 untuk bisa berlaga di ajang multi even tersebut.

Kekecewaan itu diluapkan para netizen kepada para pemain Timnas Indonesia U23 khususnya yang gagal tampil maksimal. Sebut saja Marselino Ferdinan. Pemain muda KMSK Deinze itu jadi sorotan banyak orang karena kerap menyia-nyiakan peluang emas di laga melawan Irak. Marselino cenderung ingin unjuk gigi sendiri dan abai dengan kondisi rekannya yang lain. Di saat bola sebaiknya dioper kepada temannya yang bergerak bebas, ia justru melakukan tembakan sia-sia dengan ruang sempit yang sulit.

Akibatnya, banyak netizen yang menyerbu akun media sosial sang pemain. Mereka melakukan sumpah serapah, ejekan, hingga membuli eks pemain Persebaya Surabaya ini. Dalam postingan Instagram yang disematkan olehnya, komentar netizen di akun sang pemain sudah mencapai 150 ribuan.

Baca Juga:  Resmi: PSSI Rilis Harga Tiket Indonesia vs Tanzania, Murah atau Kemahalan?

Saking banyaknya komentar yang diterima Marselino, sang kakak yang juga pemain sepakbola Oktafianus Fernando pun ikut angkat suara.

Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23
Marselino Ferdinan dan Oktafianus Fernando ketika masih berseragam Persebaya Surabaya (sumber: IG @oktafianusfernando)

“Kami menilai sikap Marselino itu keliru, kurang tepat. Sebagai keluarga, kami selalu memberi masukan. Dalam kondisi itu, apa yang diunggah Marsel itu tidak bijak. Kami sudah memberi tahu dia bahwa itu tidak bijak,” kata Ofan.

“Setelah pertandingan, kami di keluarga sebenarnya bercanda dengan kritik dari media sosial. Marsel itu selalu mendengarkan saya dan kakaknya (anak sulung), orang tua juga. Di luar itu, dia tidak terlalu mempedulikan,” tambahnya.

“Sejak kecil kami dibentuk untuk dekat dengan keluarga. Kalau cuma mendengarkan media sosial, nanti juga tidak bijak. Yang terpenting adalah keluarga memberi masukan atau mengingatkan bahwa ada hal-hal yang memang perlu diperhatikan,” imbuh sang kakak.

“Kami sadar, Marsel itu masih muda, masih usia 19 tahun. Dia belum matang sepenuhnya, masih dalam proses. Dia sekarang dikenal banyak orang. Sebagai keluarga, kami terus berusaha mengingatkan dan membimbing,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid