Intermezzo

Jokowi Soal Penolakan Israel di Piala Dunia U-20: Kita Sependapat dengan Palestina!



NOBARTV NEWS – Presiden RI Joko Widodo sampai harus turun tangan untuk menengahi penolakan terhadap Timnas Israel di 2023. Dalam keterangannya, Jokowi menerangkan bahwa pemerintah RI sependapat dengan apa yang dikatakan Duta Besar Palestina untuk Indonesia.

Seperti yang diketahui, kedatangan Timnas Israel ke Indonesia dalam rangka mengikuti Piala Dunia U-20 2023 masih terus mendapatkan penolakan. Buntut dari penolakan tersebut adalah FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang sejatinya dilangsungkan pada lusa 31 Maret 2023.

Tadi malam, usai menyaksikan laga antara versus Burundi pada ajang FIFA Matchday, Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung terbang ke markas besar FIFA di Zurich, Swiss. Kedatangan pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu dalam rangka menemui petinggi FIFA guna membahas nasib Indonesia sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, di hari yang sama, Presiden RI Joko Widodo juga telah melakukan konferensi pers setelah mendapatkan aduan dari banyak pihak terkait kedatangan Israel di Indonesia. Dalam keterangannya, Jokowi memastikan kalau Indonesia masih memegang teguh prinsipnya terkait dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina. Jadi, meskipun Israel datang ke Indonesia, Jokowi menjamin bahwa pemerintah RI masih dan akan terus menerus berpihak pada kebebasan rakyat Palestina.

Jokowi menegaskan bahwa ia memiliki pandangan yang sama dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. Bahwasanya kedatangan Israel ke Indonesia merupakan kehendak dan peraturan FIFA – yang di mana semua anggota wajib mentaatinya.

“Dalam urusan Piala Dunia U-20, kita (Indonesia) sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang ditaati anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik,” terang Jokowi.

Jokowi lantas menjelaskan proses panjang yang harus dilalui Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah untuk even tersebut. Di mana, PSSI harus bersaing dengan beberapa negara lain seperti Peru dan Brasil.

“Indonesia menjadi tuan rumah melalui proses biding, melalui proses seleksi panjang, dan proses akhir ada tiga kandidat negara: Brasil, Indonesia, Peru,” tambah orang nomor satu di Indonesia itu.

“Dan akhirnya, Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia.”

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsisten politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” tandas sang presiden.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments