Timnas Indonesia

Tom Saintfiet Bantah Ingin Singkirkan Indonesia demi Bantu Vietnam



NOBARTV.CO.ID Tom Saintfiet bantah ingin bantu Vietnam, Filipina akan jadi lawan terakhir di 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Jika Filipina sukses kalahkan Indonesia, maka kondisi tersebut akan menguntungkan bagi skuad Vietnam. Hanya saja, pelatih Filipina Tom Saintfiet membantah jika skuadnya ingin membantu Vietnam dengan kondisi tersebut.

Belasan pertandingan di laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua akan digelar pada Selasa pekan depan. Salah satu tim yang akan bertanding adalah Timnas Indonesia. Dijadwalkan, skuad Garuda bakal menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Duel Indonesia vs Filipina ini sangat berarti bagi anak asuh Shin Tae-yong itu. Sebab dengan mengalahkan sang lawan, maka mereka dipastikan melaju ke babak selanjutnya (putaran ketiga). Sedangkan bagi Filipina, pertandingan kontra Indonesia tidak berarti apa-apa bagi timnya. Hal ini dikarenakan Filipina dipastikan gagal lolos karena menempati juru kunci di grup F tersebut.

Baca Juga:  Justin Hubner Kagumi Taktik Shin Tae-yong: Dia Sangat Pintar!

Hanya saja, jika mereka mampu mengalahkan Indonesia, maka tim lain yakni Vietnam akan diuntungkan. Hal ini dikarenakan poin keduanya sangat tipis. Indonesia baru meraih 7 poin sedangkan Vietnam 6. Akan tetapi, keuntungan Vietnam (jika Indonesia kalah) hanya berlaku jika mereka juga mampu menumpas perlawanan Irak di Basra Internasional Stadium. Jika tidak (Vietnam juga kalah), kekalahan Indonesia atas Filipina tidak berpengaruh sehingga skuad Garuda akan tetap menjadi tim yang lolos dengan status runner-up grup F.

Tom Saintfiet Bantah Ingin Singkirkan Indonesia demi Bantu Vietnam
Tom Saintfiet memimpin sesi latihan Timnas Filipina (sumber: IG @theazkals)

Meski demikian, skuad Filipina yang diasuh Tom Saintfiet tetap berhasrat untuk mengalahkan Indonesia di GBK. Walaupun timnya tidak diunggulkan dan sudah dipastikan gagal lolos, namun The Azkals akan memberikan penampilan terbaiknya. Hanya saja, tujuan utama untuk mengalahkan Indonesia adalah semata-mata untuk tim-nya. Mereka – kata Tom Saintfiet, tidak berniat untuk mengalahkan Indonesia sebagai upaya agar Vietnam bisa terbantu untuk lolos ke ronde ketiga.

Baca Juga:  Daftar Peringkat FIFA Peserta Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Indonesia Terendah Kedua!

“Saat di Vietnam, jurnalis bertanya, apa yang Anda pikirkan tentang tim Vietnam? Saya menjawab jawaban dari jurnalis Vietnam. Saya tidak mengatakan itu di media Filipina, saya tidak mengatakannya di media internasional,” ucap Tom Saintfiet soal dirinya yang dituding ingin membantu Vietnam.

“Jurnalis bertanya, saya berkata, oke, Vietnam memiliki kesempatan. Jika kita menang, dan kita akan mencoba untuk menang, kita tidak ingin menang karena Vietnam, kita ingin menang karena Filipina. Jika kita bermain di Filipina, jika Indonesia bermain di Argentina, mereka akan mencoba untuk menang. Jika kita bermain di Indonesia, kita akan mencoba untuk menang. Karena saya mendapat banyak reaksi dari suporter, dan saya mendapatkan bahkan beberapa ancaman,” ucap Tom menambahkan.

“Orang yang ingin membunuh saya, karena media menulis hal yang salah. Dan itu tidak baik. Saya mengikuti sepak bola Indonesia selama bertahun-tahun. Saya mengetahui pemain di sini,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid